Sumber Makalah - Makalah tentang Takhlifi dan Wadh’i - Sumberku Makalah

Sumberku Makalah

Sumberku Makalah merupakan blog milik Imron Nur Huda yang merupakan salah seorang alumni Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu tahun 2018 yang kini telah beralih status menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu. Dimana di dalamnya berisi tentang makalah-makalah yang notabenenya merupakan tugas kuliah dari sang pemilik blog beserta teman-temannya.

Post Top Ad

Responsive Ads Here

 





Sumber Makalah - Makalah tentang Takhlifi dan Wadh’i

Sumber Makalah - Makalah tentang Takhlifi dan Wadh’i

Share This


KATA PENGANTAR
Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam, dalam waktu yang relatif singkat, makalah yang berjudul “Takhlifi dan Wadh’i” terselesaikan dengan baik.

Adanya makalah ini tentu saja melibatkan bantuan dari berbagai pihak. Untuk itu, kami ucapkan terima kasih kepada:
1.      Orang tua yang telah mendo’akan, membimbing, dan memberikan motivasi agar kami senantiasa rajin dalam menuntut ilmu.
2.      Dr. Mufidah Sagaf Aljufri, Lc.,M.A, sebagai dosen mata kuliah Ushul Fiqih yang telah memberikan tugas dan memberikan arahan.
3.      Sahabat – sahabat yang telah membantu menyelesaikan tugas ini.

            Penulisan makalah ini masih jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu, kritik dan saran yang membangun dari pembaca senantiasa diharapkan. Semoga makalah ini bermanfaat bagi penulis khususnya dan bagi pembaca pada umumnya. Mohon maaf  jika terjadi salah penulisan pada makalah ini.

Palu, 04 April 2015
Penyusun,


Kelompok VII





DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR                                                                                                           i
DAFTAR ISI                                                                                                              ii
BAB I PENDAHULUAN                                                                                         1                                     
A.    Latar Belakang                                                                                                1
B.     Rumusan Masalah                                                                                           1
C.     Tujuan                                                                                                             1
BAB II PEMBAHASAN                                                                                          2
A.    Pengertian                                                                                                       2
1.      Ilmu Kalam                                                                                               2
2.      Tasawuf                                                                                                    3
3.      Filsafat                                                                                                      5
B.     Titik Persamaan                                                                                               6
C.     Titik Perbedaan                                                                                               7
D.    Manfaat Dari Ilmu Kalam, Filsafat, dan Tasawuf                                          9
BAB III PENUTUP                                                                                                   10
A.    Kesimpulan                                                                                                     10


BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Dalam Islam terdapat hokum syara’ yang mengatur perbuatan manusia yang bersumber dari dua sumber hukum al-Qur’an dan al-Hadits. Mayoritas ulama ushul mendefinisikan hokum yakni kalam Allah yang menyangkut perbuatan orang dewasa dan berakal sehat, baik bersifat imperative (tuntutan untuk melakukan sesuatu), fakultatif (kebolehan memilih antara melakukan sesuatu atau meninggalkannya dengan posisi yang sama) atau menempatkan sesuatu sebagai sebab, syarat, dan penghalang. Hokum syara’ menurut ulama ushul terbagi dalam dua bagian yakni hokum takhlifi dan wadh’i yang masing-masingnya memiliki perbedaan dalam meninjau masalah. 

B.     Rumusan Masalah
1.      Apa pengertian hokum takhlifi dan wadh’i?
2.      Apa macam-macam hokum takhlifi dan wadh’i?
3.      Apa perbedaan hokum takhlifi dan wadh’i?

C.    Tujuan
Tulisan ini bertujuan untuk memenuhi tugas mata kuliah Ushul Fikih, serta untuk memberikan sedikit pengetahuan kepada para pembaca tentang hokum takhlifi dan wadh’i.








BAB II
PEMBAHASAN

A.    Pengertian
a.       Hukum Takhlifi
Hukum takhlifi adalah firman Allah yang menuntut manusia untuk melakukan atau meninggalkan sesuatu atau memilih antara berbuat dan meninggalkan.[1]
b.      Hukum Wadh’i
Hukum wadh’i adalah firman Allah SWT, yang menuntut untuk menjadikan sesuatu sebagai sebab, syarat atau penghalang dari sesuatu yang lain. Di dalam ilmu hokum ia disebut pertimbangan hokum.[2]
B.     Macam-macam
a.       Hukum Takhlifi
Terdapat dua golongan ulama dalam menjelaskan bentuk-bentuk hokum takhlifi yakni ulama Ushul Fiqh dan ulama Hanafiyah. Pertama, bentuk-bentuk hokum taklif menurut jumhur ulama Ushul fiqh/Mutakallimin. Menurut mereka bentuk-bentuk hokum tersebut ada lima macam, yaitu ijab, nadb, ibahah, karahan, dan tahrim.
1)      Ijab
Ijab adalah firman yang menuntut melakukan suatu perbuatan dengan tuntutan pasti.[3] Sedangkan Rachmat Syafe’I dalam bukunya menyebutkan bahwa ijab ialah tuntutan syar’I yang bersifat untuk melaksanakan sesuatu dan tidak boleh ditinggalkan. Orang yang meninggalkannya dikenai sanksi.[4] Misalnya, firman Allah:
(#qßJŠÏ%r&ur no4qn=¢Á9$# (#qè?#uäur no4qx.¨9$# (#qãèx.ö$#ur yìtB tûüÏèÏ.º§9$# 
Dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan ruku'lah beserta orang-orang yang ruku'’ (QS. Al-Baqarah [2]: 43)[5]

2)      Nadb
Nadb adalah
Kedua, bentuk-bentuk hokum taklifi menurut ulama Hanafiyyah, seperti iftirad, ijab, nadb, ibahah, karahan tanzhiliyah, karahah tahrimiyyah, dan tahrim.[6]




[1] Rachmat Syafe’I, Ilmu Ushul Fiqih, (Bandung: CV Pustaka Setia, 1998), h. 296
[2] Ibid, h. 213
[3] Forum Guru Bina PAI Madrasah Aliyah, Modul Hikmah Fiqih, (Sragen: Akik Pusaka, t.th.) h. 4
[4] Rachmat Syafe’I, op.,cit, h. 298
[5] Departemen Agama, Al-Qur’an dan Terjemahannya, (Jakarta: CV Darus Sunnah, 2002)
[6] Ibid, h. 297
 




No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here