LAPORAN AKHIR
KEGIATAN
KULIAH KERJA
NYATA (KKN) MAHASISWA
IAIN PALU
ANGKATAN V
TAHUN 2018
DESA :
KALEKE
KECAMATAN :
DOLO BARAT
KABUPATEN :
SIGI
INSTITUT AGAMA
ISLAM NEGERI (IAIN)
PALU
2018
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL
DAFTAR
ISI
KATA PENGANTAR
HALAMAN PENGESAHAN
PENGESAHAN LAPORAN NAMA-NAMA MAHASISWA KKN
KATA SAMBUTAN KEPALA DESA KALEKE
KATA SAMBUTAN MAHASISWA
BAB I PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang.......................................................................................... 1
B.
Maksud
Dan Tujuan.................................................................................. 2
BAB II GAMBARAN UMUM KEBERADAAN DESA KALEKE
A.
Sejarah
Desa Kaleke.................................................................................. 4
B.
Kondisi
Geografis dan Demografis Desa................................................. 4
C.
Kondisi Fasilitas Publik............................................................................. 5
D.
Struktur Pemerintahan Desa...................................................................... 6
E.
Struktur Kelembagaan Desa...................................................................... 7
BAB III PELAKSANAAN PROGRAM KERJA MAHASISWA
A. Deskripsi Pelaksanaan Kegiatan................................................................ 8
B. Jenis/Nama Kegiatan................................................................................. 11
C. Tujuan dan Sasaran Kegiatan............................................................... .... 12
D. Manfaat Kegiatan...................................................................................... 13
E. Target dan Realisasi Kegiatan................................................................... 15
F. Kerjasama.................................................................................................. 17
BAB IV KESIMPULAN DAN SARAN
A. Kesimpulan ............................................................................................... 19
B. Saran ......................................................................................................... 19
Lampiran :
1.
Data
program kerja mahasiswa KKN
2.
Tabel
laporan kegiatan bidang fisik
3.
Tabel
kegiatan laporan bidang non fisik
4.
Tabel
laporan keuangan
5.
Time
schedule program kerja
6.
Check
list program kerja
7.
Surat
keterangan aktif KKN
8.
Struktur
Organisasi Mahasiswa KKN
9.
Foto-foto
kegiatan
KATA PENGANTAR PENYUSUN
Puji syukur
senantiasa kami panjatkan kehadirat Allah SWT. yang telah memberikan kepada kami
begitu banyak nikmat, sehingga kami dapat merasakan indahnya hidup ini.
Shalawat besrta salam tak lupa pula kami haturkan
kepada Nabi Besar Muhammad
SAW. yang telah mengeluarkan umat manusia ini dari alam jahil mennuju alam yang
penuh dengan ilmu pengetahuan.
Laporan ini
telah diselesaikan oleh kami mahasiswa “ Kuliah Kerja Nyata (KKN) IAIN Palu”
tepat pada waktunya. Kami berharap hasil pemikiran yang dipadukan dengan
keberadaan yang ada di lapangan nantinya bisa menjadi bahan pelajaran ataupun
referensi dalam memahami praktek teoritis, khususnya dalam teknis penyatuan
antara teori kultural dan praktek living low “hukum yang hidup dalam masyarakat” baik
dalam aturan Islam maupun aturan Nasional Negara dalam asas Pancasila.
Penyusunan
laporan ini tidak luput dari kekurangan dan kesalahan. Oleh karenanya, tim
penyusun meminta maaf yang sebesar-besarnya kepada seluruh pembaca jika
terdapat kesalahan dalam laporan karya ilmiah ini (laporan KKN).
Akhirnya, kami
mengucapkan terima kasih kepada saudara/saudari mahasiswa yang telah membantu penyelesaian karya ilmiah
ini. Dan juga harapan kami kedepan keberadaan laporan KKN ini dapat dapat
dijelaskan dengan sebaik-baiknya oleh PP-KKN IAIN Palu dari segi kesempurnaan
laporan demi tata aturan yang menyangkut Keilmiahan Institut Agama Islam Negeri
(IAIN) Palu dalam kultur kenegaraan Indonesia.
Kaleke, 19 April 2018
Tim Penyusun
Mahasiswa KKN IAIN Palu Angkatan V Tahun 2018
SAMBUTAN
MAHASISWA
Kami sangat
berterima kasih kepada PP-KKN dan Dosen Pembimbing yang telah menempatkan kami
dengan sebaik-baiknya pada Kuliah Kerja Nyata khususnya di Desa Kaleke. Kami
sebagai mahasiswa juga mengharapkan satu kebaikan dalam masyarakat sebab ilmu
pengetahuan yang kami miliki sesuai dengan porsi kami masing-masing. Dengan
demikian sambutan ini penuh pengharapan kepada pihak IAIN Palu agar selalu memantapkan pembekalan dengan menggunakan
metode pendekatan lapangan agar arah dan tujuan peserta individu. Adat istiadat
masyarakat sangat beragam di setiap
Desa, namun ini di antisipasi dengan menggunakan bahasa komunikasi yang
mudah di pahami oleh masyarakat, khususnya masyarakat Desa Kaleke.
Kami juga
berterima kasih pada aparatur dan seluruh masyarakat Desa Kaleke yang telah
memberikan kesempatan kepada kami untuk berkreasi sekaligus mencurahkan
pengetahuan yang kami miliki tidak terlepas dari pengetahuan yang kami terima
dari perguruan tinggi IAIN Palu. Kami juga banyak belajar dari masyarakat
setempat dari segi aturan pemerintahan, agama, pendidikan, dan ekonomi.
Semuanya menjadi bahan pembelajaran kepada kami untuk memajukan dan meningkatkan kesejahteraan kepada
masyarakat baik itu berupa sumbangsih moral maupun fasilitas. Karena setiap
generasi bangsa merupakan harapan umat di masa depan. Wassalam
Kaleke, 19 April 2018
Tim Penyusun
Mahasiswa KKN IAIN Palu Angkatan V Tahun 2018
HALAMAN PENGESAHAN
LAPORAN PELAKSANAAN KEGIATAN
KULIAH KERJA NYATA (KKN)
ANGKATAN V TAHUN 2018
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) PALU
LOKASI:
DESA KALEKE, KECAMATAN
DOLO BARAT
KABUPATEN SIGI
Kepala
Desa Kaleke
S U A I B
|
Koordinator
Kecamatan
ABD. MUZAKIR
NIM.
14.3.12.0063
|
Koordinator
Desa
D A H Y A R
NIM.
14.3.12.0086
|
Menyetujui,
Dosen
Pembimbing
MAYYADAH, Lc.,M.H.I
NIP. 19860320 201403 2 006
PENGESAHAN
LAPORAN NAMA-NAMA MAHASISWA KKN
Mahasiswa KKN IAIN Palu:
No
|
Nama
|
NIM
|
Jurusan/Program
Studi
|
1
2
3
4
|
D a h y a
r
Imron Nur
Huda
Warfani
Sutriani
|
14.3.12.0086
14.1.03.0001
14.4.10.0031
14.1.04.0028
|
FSEI /
ESy
FTIK/ MPI
FUAD /
KPI
FTIK / PGMI
|
Yang bertugas di Desa Kaleke, mulai tanggal 19 Februari s/d 19 April 2018 telah melaksanakan
kegiatannya seperti yang diuraikan dalam laporan ini.
Kaleke, 19 April 2018
Kepala Desa Kaleke
S U A I B
Dosen
Pembimbing
MAYYADAH, Lc.,M.H.I
NIP. 19860320 201403 2 006
|
Camat Dolo
Barat
RIADIN, S.Sos.,M.Si
NIP. 19680502
199003 1 015
|
SAMBUTAN
KEPALA DESA
Kami
selaku aparat Desa mengucapkan terima kasih atas kehadiran mahasiswa KKN IAIN
Palu di Desa kami yaitu Desa Kaleke, Kecamatan
Dolo Barat,
Kabupaten Sigi. Setiap tindakan yang mereka lakukan tentunya melahirkan harapan
yang baik untuk masa depan Desa dan Bangsa ini. Penyatuan teori yang mereka
miliki dan praktek lapangan sangat diharapkan oleh kami aparat Desa Kaleke. Keragaman konsep teori yang mereka miliki tentunya tidak terlepas
dari nuansa Agama sehingga tidak menjadi kendala bagi mereka di dalam dinamika
sosial Agama yang sangat berpengaruh pada kultur budaya.
Dinamika
budaya yang ada tentunya menempatkan nilai yang hakiki yang terkandung dalam
konsep dinamika masyarakat, khususnya masyarakat Desa Kaleke. Kami juga
berterima kasih kepada pihak IAIN Palu dalam partisipasi dan kerjasamanya dalam
menempatkan mahasiswa KKN-nya di Desa kami. Metode pengetahuan tentunya
mendapatkan satu nilai yang sangat berharga dalam berparisipasi dengan
masyarakat. Keseimbangan konsep teori tidak terlepas dari lahirnya
gagasan-gagasan baru yang merupakan poros dari peningkatan kinerja sosial
kemasyarakatan, disinilah yang menjadi pengharapan kami dengan adanya mahasiswa
KKN IAIN Palu Angkatan V.
Dari
kami sebagai aparat Desa sangat apresiasi pada keberadaan mahasiswa yang berada
di Desa kami.
Kaleke, 19 April 2018
Kepala Desa Kaleke
S U A I B
BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Institut
Agama Islam Negeri (IAIN) Palu sebagai salah satu lembaga pendidikan tinggi
yang mengembangkan dan menyelenggarakan pendidikan tinggi dan penelitian serta
pengabdian kepada masyarakat di bidang ilmu pengetahuan agama Islam dan
teknologi serta sosial budaya yang bernafaskan Islam, merasa mempunyai tanggung
awab besar untuk ikut serta mewujudkan dan menyukseskan pembangunan nasional.
Terutama pembangunan bidang agama dan mental spiritual, kesejahteraan sosial,
pendidikan, dengan tidak mengabaikan bidang yang lain.
Dalam
pembentukan mahasiswa menjadi sosok yang dicita-citakan tersebut, IAIN Palu
melakukan pengelolaan dan usaha secara seksama mempersiapkan perangkat sistem
pendidikan dan pengajaran yang memadai. Program pengembangan akademik, tenaga
pengajar, sarana dan prasarana pendukung lingkungan kampus yang kondusif, dan
berbagai kegiatan yang mendukung wujud hal tersebut. Salah satu bentuk
pengelolaan dan usaha itu adalah melakukan reorientasi terhadap pelaksanaan
Kuliah Kerja Nyata (KKN) untuk 3 (tiga) fakultas yaitu: Fakultas Tarbiyah dan
Ilmu Keguruan, Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam (FSEI), dan Fakultas
Ushuluddin, Adab dan Dakwah (FUAD).
KKN
merupakan kegiatan akademik IAIN Palu yang disusun atas dasar visi dan misi
yang termuat dalam tujuan IAIN Palu sekaligus sebagai praktik penerapan ilmu
pengetahuan yang bersifat interdisipliner yang dilaksanakan oleh mahasiswa yang
merupakan perpaduan antara penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam
jangka waktu yang ditetapkan langsung bagi masyarakat.
Masyarakat
adalah kesatuan yang bersifat dinamis dan juga merupakan poros perkembangan
zaman yang melingkupi budaya dan aspek-aspek moral lainnya. Keutuhan kesatuan
terlihat dari segi kebersamaan dan partisipasi masyarakat itu sendiri. Dari
sinilah tercipta rasa dan karya masyarakat untuk membentuk dinamika baru dalam
kesatuan yang utuh yaitu terciptanya golongan sosial, baik itu dari segi
karakter, bahasa, budaya, adat kebiasaan. Cakupan penyatuan sosial ini mengalami
pembentukan nilai dari isyarat zaman yang sifatnya fluktuasi, disinilah konsep
kemasyarakatan itu terbentuk dengan sendirinya, maka sejalan dengan ruang
lingkup Budaya dan Adat kebiasaan di dalam komunitas terkecil, tercipta
kesatuan yang harmonis di dalamnya dipimpin oleh seorang pemimpin atau petuah
yang dapat di jadikan sandaran kebijakan bagi masyakat tersebut. Dari sinilah
terbit suatu istilah kampung, lipu, desa, atau tempat/tanah
kelahiran.
Sinkronisasi
aspek sosial tidak terlepas dari kebiasaan-kebiasaan masyarakat yang dinamis
dan penuh dengan kultur budaya. Tata aturan dalam kajian sosiologis masyarakat
mendapatkan satu nilai yang tidak terlepas dari prinsip Hukum Adat yang dianut
oleh masyarakat tersebut. Perkembangan zaman merupakan aspek penilai terhadap
perubahan sosial sehingga terlihat dengan jelas prinsip budaya dan tingkat
pendapatan ekonomi. Dalam berbagai teori pengetahuan masyarakat menurut tingkat
pendapatannya di bedakan menjadi tiga yaitu;
desa primitif, desa swadaya dan
desa swasembada. Dari tingkatan yang ada ini memungkinkan terbentuknya
masyarakat madani. Ekonomi merupakan hal yang prinsip dalam kehidupan
masyarakat oleh karena itu, di lihat dari keberadaan Desa masing-masing
diseluruh wilayah Indonesia, masih banyak yang perlu di perhatikan dalam
kehidupan Pedesaan. mulai dari moral generasi, Agama, Adat istiadat, Fasilitas
dan Iptek.
Maka
dari itu kami sebagai Mahasiswa merasa tidak cukup untuk berbuat dari segi
tuangan gagasan pemikiran tetapi perlu juga dengan tunjangan fasilitas.
Gambaran dari berbagai dinamika ini akan selalu ada pada setiap perkembangan
zaman menurut tingkat pengetahuan dan keberadaan ekonomi masyarakat setempat.
B.
Maksud dan
Tujuan
a.
Maksud
Konsep-konsep
yang ada dalam masyarakat tidak terlepas dari apa yang dilihat, didengar, dan
dimengerti oleh setiap individu mahasiswa baik itu berupa persoalan Pendidikan,
Ekonomi, Budaya, dan Hukum, jika berbicara profesi dari setiap individu maka
ini tidak mengikat aturan yang mutlak untuk dijadikan sebagai pijakan bahwa
profesi yang digeluti akan diketahui oleh mahasiswa, sebab banyak karakter
tidak mencerminkan pengharapan dari profesi itu sendiri terkecuali ada
kesadaran yang mendalam dalam jiwa individu tersebut bahwa dia harus berbuat
tidak terlepas dari profesi masing-masing. Wujud dari profesi ini adalah
terciptanya tanggung jawab kelompok,
moral dan sosial ditegah kehidupan masyarakat. Inilah realisasi dari sekelumit
ilmu pengetahun.
b.
Tujuan
Secara
Akademisi tujuannya harus berdasarkan interpretasi ilmu pengetahuan, akan
tetapi tidak semuanya berlaku dalam praktek lapangan. Tujuan untuk membentuk
perbendaharaan baru dalam tingkat pencapaian peningkatan sumberdaya manusia
ialah harus mampu mengolah data dalam lapangan untuk di jadikan bahan
pertimbangan dalam metode yang berbeda yang disesuaikan dengan asas hidup
masyarakat setempat. Diagnosa pada setiap aspek kehidupan merupakan ketentuan
yang sangat di harapkan oleh para pembaharu dalam masyarakat, karena di
dalamnya terdapat fakta yang bersifat aktual serta tujuannya membangun
kesejahteraan masyarakat.
BAB
II
GAMBARAN
UMUM KEBERADAAN DESA KALEKE
A.
Sejarah Desa
Desa
Kaleke merupakan salah satu desa tertua di Kecamatan Dolo Barat. Nama ‘Kaleke’
diambil dari salah satu jenis rumput yang banyak tumbuh di wilayah desa ini
yang disebut dengan rumput Malekei. Desa Kaleke saat itu masih hidup
berkelompok dengan berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat yang lain.
Desa
Kaleke sebelumnya bernama Sigampa yang berada di sebelah Timur Sungai
Palu. Dikarenakan saat itu sering terjadi pertempuran antar desa yakni Desa
Bora dan Desa Pakuli, maka masyarakat Desa Sigampa berpindah ke Desa Kaleke.
Pada waktu masyarakat Kaleke pindah di wilayah Kaleke, terjadi pula pertempuran
dengan rumpun Topo Inde. Pertempuran ini dimaksudkan untuk membantu
masyarakat Pewunu yang dikejar oleh Topo Inde.
Pertempuran
tersebut dimenangkan oleh masyarakat Kaleke. Sebagai rasa terima kasih dari
masyarakat Pewunu, maka dihadiahkan wilayah yang cukup luas sebagai tempat
tinggal dan bercocok tanam yang kemudian dikenal dengan nama Desa Kaleke hingga
saat ini.
Pada
dasarnya tidak ada keterangan yang pasti kapan berdirinya Desa Kaleke. Pada
waktu kerajaan Sigi Dolo berdiri, Desa Kaleke berkembang menjadi salah satu
desa “Kota Pitunggota” yang meliputi Desa Kotarindau, Kotapulu, Pesaku, Pulu,
Baluase, dan Desa Bangga. Dahulu Desa Kaleke wilayahnya sangat luas meliputi
Rarampadende, Maku, dan sebagian wilayah Desa Tulo. Karena perkembangannya,
Desa Rarampadende, Maku, dan Desa Tulo berdiri sendiri menjadi desa definitif
sendiri.
B.
Kondisi
Geografis dan Demografis Desa
Secara
geografis, Desa Kaleke merupakan salah satu dari 12 wilayah yang ada di wilayah
Kecamatan Dolo Barat yang mempunyai luas 1.444.000 M2. Sebelah Utara
Desa Kaleke berbatasan dengan Desa Pewunu, sebelah Selatan berbatasan dengan
Desa Rarampadende, sebelah Timur dengan Desa Maku, sebelah Barat dengan Desa
Balumpewa dan Kaluku Tinggu. Desa Kaleke mempunyai iklim yaitu musim kemarau
dan musim penghujan, dengan kelembapan udara yang cocok untuk daerah pertanian.
Desa Kaleke mempunyai 3 (tiga) dusun, yaitu Dusun 1 Kaleke berada di Kasolana,
Dusun 2 Kaleke berada di Wera, dan Dusun 3 Kaleke berada di Matayona.
Adapun
data demografis Desa Kaleke adalah sebagai berikut:
1.
Jumlah penduduk
2.415 jiwa yang terdiri atas laki-laki sebanyak 1.256 jiwa dan perempuan
sebanyak 1.159 jiwa.
2.
Jumlah Kepala
Keluarga (KK) sebanyak 694 jiwa.
3.
Jumlah penduduk
miskin sebanyak 153 jiwa.
C.
Kondisi
Fasilitas Publik
Adapun
fasilitas publik yang ada di Desa Kaleke sebagai berikut:
a.
Kantor Desa : 1 Unit
b.
Prasarana
Kesehatan
1.
Puskesmas : 1 Unit
2.
UKBM/Posyandu : 2 Unit
c.
Sarana Pendidikan
1.
TK : 3 Unit
2.
Sekolah Dasar : 3 Unit
3.
SMP/MTs : 1 Unit
4.
Kantor UPTD : 1 Unit
d.
Prasarana
Ibadah
1.
Masjid : 3 Unit
2.
Musala : 2 Unit
3.
Taman Pengajian : 1 Unit
e.
Prasarana Umum
1.
Balai Pertemuan : 1 Unit
2.
Pos IB : 1 Unit
3.
Yayasan/Panti
Asuhan : 1 Unit
4.
Lapangan : 1 Unit
D.
Struktur
Kelembagaan Desa
Lembaga
Kemasyarakatan Desa adalah lembaga yang dibentuk oleh masyarakat sesuai dengan
kebutuhan dan merupakan mitra pemerintah desa dalam memberdayakan masyarakat.
Lembaga kemasyarakatan dibentuk dan ditetapkan berdasarkan peraturan desa.
Selain fungsi pemberdayaan, lembaga kemasyarakatan juga berfungsi sebagai
penampung dan penyalur aspirasi masyarakat dalam pembangunan desa.
Adapun
beberapa lembaga yang menjadi mitra pemerintah desa dalam memberdayakan
masyarakat yaitu Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa (LPMD), Tim Penggerak
PKK, RT/RW, WIA, Karang Taruna, dan RISMA. Dengan adanya lembaga kemasyarakatan
ini dan apabila terus berjalan aktif maka hal tersebut merupakan potensi yang
sangat besar bagi Desa Kaleke.
E.
Struktur
Pemerintahan Desa
Penyelenggaraan pemerintahan di setiap wilayah administrasi
pemerintahan merupakan hal mutlak yang terdapat dalam sistem pemerintahan di
Republik Indonesia melalui Peraturan Perundang-undangan. Penyelenggaraan
pemerintahan desa dimaksudkan untuk membentuk suatu pemerintah desa yang
melindungi, membina, dan memberdayakan seluruh masyarakat desa untuk mencapai
kesejahteraan yang merata. Penyelenggaraan pemerintahan desa merupakan bagian
yang tidak terpisahkan dari sistem pemnyelenggaraan pemerintahan pusat dan
daerah. Sehingga pelaksanaan fungsi pemerintah desa di seluruh wilayah
Indonesia secara global adalah sama baik dalam kewajiban maupun hak desa.
Desa Kaleke selama ini telah menyelenggarakan pemerintahan sesuai
amanat perundang-undangan yang berlaku sampai dengan perubahan kebijakan
pemerintah pusat.
Pemerintah Desa Kaleke dipimpin oleh seorang Kepala Desa bersama
perangkat desa dan perwakilan masyarakat dalam Badan Permusyawaratan Desa (BPD)
sebagai fungsi pengawasan. Struktur organisasi pemerintah Desa Kaleke untuk
tahun 2016 adalah sebagai berikut:

Gambar 2.1
Struktur Organisasi Pemerintahan Desa Kaleke
BAB
III
PELAKSANAAN
PROGRAM KERJA MAHASISWA
A.
Deskripsi
Pelaksanaan Kegiatan
Dari
semua program yang telah kami kerjakan atau laksanakan, kami telah menguraikan
dasar pemikiran dari masing-masing penanggung jawab program antara lain:
a.
Observasi
Observasi dilakukan sebagai kegiatan
awal mahasiswa KKN IAIN Palu setelah berada di lokasi KKN. Hal ini untuk
menampung aspirasi masyarakat terkait program kerja yang akan dilaksanakan
selama dua bulan kedepan. Observasi kami lakukan selama 3 (tiga) hari sejak
tanggal 19 – 21 Februari 2018.
b.
Seminar Desa
Seminar desa merupakan seminar
program kerja yang dilakukan di desa dengan tujuan untuk mengesahkan rencana
program kerja yang siap dilaksanakan. Seminar desa dilaksanakan pada 22
Februari 2018 dan dihadiri oleh para aparat desa, tokoh masyarakat, tokoh
pemuda, dan tokoh agama.
c.
Pembuatan Papan
Nama Madrasah Tsanawiyah (MTs) Alkhairaat
Target
waktu yang diperlukan untuk program ini yakni selama 3 (tiga) hari terhitung
mulai tanggal 26 – 28 Februari 2018.
·
Hari pertama pengumpulan
bahan sekaligus pengecetan warna dasar.
·
Hari kedua
membuat cetakan tulisan sekaligus mengecet tulisan pada papan nama dan sudah
dikatakan berjalan 90% perkembangannya.
·
Hari ketiga
melakukan pemasangan di madrasah dan selesai hingga 100%.
d.
Penghijauan
Pelaksanaan
penghijauan ini membutuhkan waktu selama 6 (enam) hari terhitung sejak tanggal
6 – 11 Maret 2018. Adapun bibit yang dibutuhkan pada penghijauan ini yakni
bibit produktif dan kayu-kayuan.
·
Hari pertama
pengajuan surat ke Badan Pengelolaan Daerah Aliran Sungai Hutan Lindung
(BPDASHL) Palu-Poso.
·
Hari kedua
pengajuan surat ke Dinas Kehutanan Provinsi Sulawesi Tengah.
·
Hari ketiga
pengecekan surat.
·
Hari keempat
pengambilan bibit sebanyak 380 bibit yang terdiri dari 250 Durian, 60 Nangka,
50 Trambesi, 10 Alpukat dan 10 Mahoni.
·
Hari kelima
persiapan lubang sebagai media tanam.
·
Hari keenam
kegiatan penanaman bersama Komunitas Pecinta Alam se-Dolo Barat.
e.
Pembuatan Papan
Nama Imam Masjid
Program ini
dilaksanakan dengan membutuhkan waktu selama 3 (tiga) hari sejak tanggal 3 – 5
Maret 2018.
·
Hari pertama
pencarian tempat meubel untuk membuat bahan papan nama.
·
Hari kedua
pengecetan dasar sekaligus tulisan.
·
Hari ketiga
pemasangan papan nama di masing-masing rumah Imam Masjid se-Desa Kaleke.
f.
Camping Ground
KPA se-Dolo Barat
Camping Ground merupakan kegiatan
kemping semalam bersama Komunitas Pecinta Alam (KPA) se-Kecamatan Dolo Barat
yang bekerja sama dengan KPA Tavala Desa Kaleke. Kegiatan ini bertujuan untuk
ajang silaturahmi antar KPA sekaligus membicarakan tentang teknis penghijauan
yang akan dilakukan esok harinya. Camping Ground dilaksanakan sehari sebelum
penghijauan yakni 10 Maret 2018.
g.
Mengajar di
Madrasah Tsanawiyah (MTs) Alkhairaat Kaleke
Proses
mengajar merupakan suatu proses pengajaran yang dilaksanakan seorang guru
kepada anak didiknya demi meningkatkan sumber daya manusia (SDM). Pelaksanaan
program mengajar di MTs dilaksanakan selama 20 X pertemuan.
h.
Mengajar di TPA
Taman Pendidikan Alquran (TPA)
sebagai salah satu pusat dalam pengajaran tentang Baca Tulis Alquran bagi
anak-anak di Desa Kaleke. Mengajar di TPA ini dilaksanakan hampir setiap hari
selama 20 X pertemuan yang terbagi di 3 (tiga) dusun yang ada.
i.
Pengajaran
Tajwid
Tajwid merupakan cara membaca Al-Qur’an dengan lafal atau ucapan
yang benar. Pengajarannya dilakukan pada TPA yang ada di desa Kaleke.
Pengajaran ini dilakukan selama 5 X pertemuan.
j.
Khutbah Jum’at
Khutbah Jum’at
dilakukan sebanyak 3 X terhitung pada tanggal 9, 16, dan 30 Maret 2018. Khutbah
tidak difokuskan pada satu masjid, namun semua masjid yang ada di Desa Kaleke.
k.
Bakti Sosial
Program ini
dilaksanakan dalam rangka mensinergikan program Pemerintah Desa Kaleke dengan
Mahasiswa KKN IAIN Palu. Bakti sosial yang dilakukan yakni gotong royong untuk
kerja bakti di lingkungan desa. Program ini dilaksanakan pada hari Minggu
setiap pekannya.
l.
Pengajian
Pengajian
merupakan sarana untuk mengajarkan Islam kepada masyarakat. Kegiatan ini
dilakukan pada tanggal 12 April 2018 di Masjid Al-Mujahidin, Dusun I, Desa
Kaleke.
m.
Lomba Keagamaan
Program lomba
ini dilaksanakan pada tanggal 19 – 21 Maret 2018 dalam rangka menyambut
peringatan Isra’ Mi’raj 1439 H. Lomba yang dilaksanakan antara lain yakni
Sholat Berjamaah, Azan dan Iqamat, Tartil, Peragaan Busana, Barzanji, dan
Kebaya Kartini. Program ini terealisasi dengan baik atas kerjasama dengan
panitia yang terbentuk dari para pemuda Desa Kaleke.
n.
Lomba Olahraga
Program lomba
ini dilaksanakan pada tanggal 19 Maret – 4 April 2018. Lomba yang dilaksanakan
antara lain yakni Sepak Bola Mini dan Bola Voli Putri. Program ini terealisasi
dengan baik atas kerjasama dengan panitia yang terbentuk dari para pemuda Desa
Kaleke.
o.
Lomba Masak
Non-Beras dan Simulasi PKK
Program ini
dilaksanakan pada tanggal 7 April 2018 atas kerjasama Mahasiswa KKN IAIN Palu
angkatan V dengan Mahasiswa KKLP STIA Panca Marga Palu angkatan XXVII dan Tim
Penggerak PKK Desa Kaleke.
p.
Peringatan Isra’
Mi’raj 1439 H
Program ini dilaksanakan pada tanggal 14 April 2018. Terealisasi
dengan baik atas kerjasama Mahasiswa KKN IAIN Palu dengan RISMA dan Wanita
Islam Alkhairaat (WIA) Desa Kaleke.
q.
Perpisahan
Mahasiswa KKN
Program ini dilaksanakan pada tanggal 15 April 2018 sebagai acara
santai menikmati momen terakhir bersama masyarakat Desa Kaleke. Acara
berlangsung tertib dan aman hingga selesai pada menjelang Subuh.
r.
Pembenahan Tugu
Program pembenahan tugu ini sebagai program terakhir di masa-masa
akhir KKN. Dikarenakan dilaksanakan beberapa hari sebelum penarikan yakni sejak
tanggal 17 – 18 April 2018.
·
Hari pertama
pembuatan cetakan tulisan dan mengecat dasar.
·
Hari kedua
pengecetan tulisan pada tugu.
B.
Jenis/Nama
Kegiatan
Adapun jenis kegiatan yang dilaksanakan di Desa Kaleke adalah
sebagai berikut:
a.
Sarana dan
Prasarana
1.
Pembuatan papan
nama MTs Alkhairaat Desa Kaleke
2.
Pembuatan papan
nama Imam Masjid
3.
Pembenahan Tugu
b.
Pendidikan
1.
Mengajar di MTs
Alkhairaat Desa Kaleke
2.
Mengajar di TPA
se-Desa Kaleke
3.
Khutbah Jumat
4.
Pengajaran
Tajwid
5.
Pengajian
6.
Peringatan
Isra’ Mi’raj 1439 H
c.
Lomba-lomba
1.
Lomba sepak
bola mini
2.
Lomba voli
putri
3.
Lomba masak
non-beras
4.
Lomba simulasi
PKK
5.
Lomba barzanji
6.
Lomba sholat
berjamaah
7.
Lomba adzan dan
iqamat
8.
Lomba tartil
9.
Lomba peragaan
busana
10. Lomba kebaya kartini
C. Tujuan dan Sasaran Kegiatan
a. Tujuan
1.
Menggali potensi aktif dan proaktif masyarakat serta memberdayakan
masyarakat dalam pembangunan sosial terukur mental spiritual
2.
Membantu pemerintah pusat dan daerah dalam pembangunan nasional
khususnya di daerah-daerah, yaitu pembinaan bidang keagamaan, pengembangan
teknologi dan komunikasi.
3.
Menumbuhkan solidiritas dan semangat persatuan masyarakat.
4.
Menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas.
5.
Dapat mengerti akan perkembangan pengetahuan dan teknologi saat
ini.
6.
Mengembangkan kemampuan akademis mahasiswa pada dunia realitas yang
ada di masyarakat, sehingga mahsiswa betul-betul mampu untuk bermasyarakat,
memahami pola gerak kehidupan masyarakat dan permasalahannya.
7.
Mendapatkan pengalaman dan pendidikan dalam pemberdayaan
masyarakat.
b. Sasaran Kegiatan
Kegiatan yang akan dilakukan menitik beratkan
pada pemberdayaan potensi masyarakat, sehingga sasarannya adalah masyarakat
setempat khususnya anak-anak usia
sekolah dan seluruh masyarakat Desa Kaleke.
D. Manfaat Kegiatan
No
|
Jenis Kegiatan
|
Manfaat Program
|
Manfaat Pihak Terkait
|
1.
|
Observasi
|
Mengetahui
aspirasi masyarakat desa atas kehadiran mahasiswa KKN.
|
Aspirasi
masyarakat tertampung.
|
2.
|
Seminar Desa
|
Memaparkan
rencana program kerja yang akan dilaksanakan mahasiswa KKN kepada masyarakat.
|
Disahkannya
program kerja mahasiswa KKN selama dua bulan.
|
3.
|
Pembuatan Papan Nama MTs Alkhairaat Desa Kaleke
|
Memudahkan untuk mencari Madrasah khusunya untuk tamu
dari luar desa datang.
|
Diketahuinya
identitas madrasah.
|
4.
|
Penghijauan
|
Mewujudkan
program pemerintah kabupaten yakni Sigi Hijau.
|
Lingkungan
desa menjadi hijau.
|
5.
|
Pembuatan Papan Nama Imam Masjid
|
Memudahkan untuk mencari rumah Imam khusunya untuk tamu
dari luar desa datang.
|
Diketahuinya
rumah Imam Masjid setempat.
|
6.
|
Camping Ground KPA se-Dolo Barat
|
Ajang
silaturahmi antar Komunitas Pecinta Alam se-Kecamatan Dolo Barat.
|
Bertemunya
KPA se-Dolo Barat.
|
7.
|
Mengajar di MTs Alkhairaat Kaleke
|
Membantu
para tenaga pengajar di MTs Alkhairaat Kaleke.
|
Memudahkan
peserta didik sekolah tersebut untuk belajar.
|
8.
|
Mengajar di TPA
|
Membantu
para tenaga pengajar di TPA se-Desa Kaleke.
|
Memudahkan
para santri untuk belajar.
|
9.
|
Pengajaran Tajwid
|
Memahami
cara baca Al-Qur’an yang baik dan benar sesuai hukum tajwid.
|
Peserta
didik mampu membaca Al-Qur’an secara baik dan benar sesuai hukum tajwid.
|
10.
|
Khutbah Jumat
|
Mengembangkan
dakwah Islamiyah yang professional.
|
Tersampaikannya
dakwah Islamiyah kepada para Jamaah.
|
11.
|
Bakti sosial
|
Mewujudkan
sikap gotong royong antar masyarakat desa.
|
Terwujudnya
kebersihan di lingkungan desa.
|
12.
|
Pengajian
|
Sarana
mengajarkan Islam kepada masyarakat.
|
Meningkatnya
pemahaman masyarakat tentang Islam.
|
13.
|
Lomba-lomba
|
Sebagai
ajang silaturahmi antar masyarakat desa.
|
Terwujudnya
sikap sportivitas dan kekeluargaan antar masyarakat desa.
|
14.
|
Peringatan Isra’ Mi’raj 1439 H
|
Memperingati
peristiwa diterimanya perintah Sholat kepada umat Nabi Muhammad Saw.
|
Menambah
wawasan berkaitan dengan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad Saw.
|
15.
|
Perpisahan mahasiswa KKN
|
Menikmati
momen di masa-masa terakhir KKN sekaligus pembagian hadiah lomba.
|
Keakraban
semakin terjalin dengan harapan jalinan silaturahmi tidak putus.
|
16.
|
Pembenahan Tugu
|
Memperbagus
tampilan tugu dengan mengecetnya
kembali.
|
Tugu
terlihat cantik dengan warna cet yang baru.
|
Tabel 3.1
Jenis dan Manfaat
Kegiatan
E. Target dan Realisasi
Kegiatan
1.
|
Observasi
|
|
Target
|
Menampung aspirasi masyarakat terhadap program mahasiswa
KKN.
|
|
Realisasi
|
Aspirasi masyarakat tertampung.
|
|
2.
|
Seminar Desa
|
|
Target
|
Memaparkan rencana program kerja Mahasiswa KKN di hadapan
masyarakat desa.
|
|
Realisasi
|
Program terpaparkan serta disahkan.
|
|
3.
|
Pembuatan Papan Nama MTs Alkhairaat Kaleke
|
|
Target
|
Diketahuinya identitas madrasah.
|
|
Realisasi
|
Papan nama terpasang di halaman madrasah.
|
|
4
|
Penghijauan
|
|
Target
|
Mewujudkan program pemerintah kabupaten Sigi yakni Sigi
Hijau.
|
|
Realisasi
|
Tanaman telah tertanam di bantaran sungai dusun II dan masing-masing
kebun warga.
|
|
5.
|
Pembuatan Papan Nama Imam Masjid
|
|
Target
|
Memudahkan
untuk mencari rumah imam masjid.
|
|
Realisasi
|
Papan
nama telah terpasang di depan rumah para imam masjid.
|
|
6.
|
Camping
Ground KPA se-Dolo Barat
|
|
Target
|
Ajang
silaturahmi antar Komunitas Pecinta Alam.
|
|
Realisasi
|
Kemping
terlaksana di tanah lapang milik Camat Dolo Barat.
|
|
7
|
Mengajar di MTs Alkhairaat Kaleke
|
|
Target
|
Membantu tenaga pengajar
|
|
Realisasi
|
Membantu kegiatan belajar mengajar di MTs Alkhairaat Desa
Kaleke terealisasi sebanyak 20 kali pertemuan.
|
|
8
|
Mengajar di TPA
|
|
Target
|
Membantu ustaz dan ustazah mengajar mengaji para santri.
|
|
Realisasi
|
Membantu kegiatan belajar mengajar di TPA se-Desa Kaleke
terealisasi sebanyak 20 kali pertemuan.
|
|
9.
|
Pengajaran Tajwid
|
|
Target
|
Para santri memahami hukum tajwid.
|
|
Realisasi
|
Para santri telah paham baca Al-Qur’an sesuai hukum tajwid
khususnya hukun Nun Sukun dan Tanwin. Pengajaran ini terealisasi sebanyak 5
kali pertemuan.
|
|
10.
|
Khutbah Jumat
|
|
Target
|
Dalam dua bulan dilaksanakan sebanyak 4 X.
|
|
Realisasi
|
Hanya terlaksana sebanyak 3 X.
|
|
11.
|
Bakti Sosial
|
|
Target
|
Mewujudkan sikap gotong royong antar masyarakat desa.
|
|
Realisasi
|
Kegotongroyongan terjalin dan kebersihan lingkungan desa
terwujud.
|
12.
|
Pengajian
|
|
Target
|
Mendatangkan Prof. Zainal Abidin.
|
|
Realisasi
|
Prof. Zainal Abidin berhalangan untuk hadir.
|
|
13.
|
Lomba-lomba
|
|
Target
|
Dapat memberikan piala kepada seluruh pemenang.
|
|
Realisasi
|
Hanya satu cabang lomba yang dapat diberikan piala.
|
|
14.
|
Peringatan Isra Mi’raj 1439 H
|
|
Target
|
Menyatukannya dengan perpisahan mahasiswa KKN IAIN Palu.
|
|
Realisasi
|
Tidak dapat menyatukan dua agenda dalam peringatan Isra
Mi’raj dikarenakan padatnya agenda.
|
|
15.
|
Perpisahan mahasiswa KKN IAIN Palu
|
|
Target
|
Tidak menggunakan elekton saat acara.
|
|
Realisasi
|
Masyarakat meminta agar diadakan elekton sebagai hiburan.
|
|
16.
|
Pembenahan Tugu
|
|
Target
|
Dibuatkan huruf timbul.
|
|
Realisasi
|
Dikarenakan kemampuan dari sisi dana tidak memadai, huruf
timbul dibatalkan. Cukup di cet biasa.
|
Tabel 3.2
Target dan Realisasi
Kegiatan
F.
Kerjasama
Dalam pelaksanaan
program ini, adapun pihak yang membantu sebagai mitra kerjasama untuk
memudahkan kegiatan program kami antara lain yaitu :
1. Kepala Desa, dimana
sangat membantu dalam kelancaran program baik dari segi material maupun teknis.
2. Sekretaris Desa dan
Seluruh kaur Pemerintah Desa Kaleke dimana juga telah memberi sumbangsih yang
luar bisa kepada kami, dan banyak memberikan informasi tentang desa Kaleke.
3. Pihak TPA dan
Madrasah, dimana telah memberikan kesempatan untuk mengajar guna kelancaran
pelaksanaan program.
4. Pihak Masyarakat
yang turut berpartisipasi dalam menyukseskan program-program yang telah
direncanakan
5. Karang Taruna dan
RISMA Desa Kaleke yang turut berpartisipasi dalam pelaksanaan lomba dan
peringatan Isra’ Mi’raj.
6. Anak-anak Desa Kaleke,
dimana telah berpartisipasi di program non fisik.
7. Mahasiswa KKLP STIA
Panca Marga Palu Angkatan XXVII yang telah bersedia bekerja sama dalam
pelaksanaan program.
8. Pihak-pihak lain
yang tak dapat kami sebutkan yang juga telah membantu demi suksesnya
pelaksanaan program Mahasiswa KKN IAIN Palu Angkatan V.
BAB
IV
KESIMPULAN
DAN SARAN
A. Kesimpulan
Dari semua program
yang telah dilaksanakan oleh mahasiswa KKN IAIN Palu, maka dapat di simpulkan
antara lain:
1. Mata pencaharian
masyarakat Desa Kaleke yang rata-rata Petani dan Penambang Pasir merupakan
salah satu potensi besar.
2. Dalam pelaksanaan
program yang telah dijalankan, Pemerintah Desa telah memberikan dukungan dalam bentuk
motivasi sehingga kegiatan berjalan dengan lancar. Selain itu masyarakat
merupakan kunci sukses terlaksananya program yang kami telah rencanakan karena
membantu dan berpartisipasi langsung dalam pelaksanaan kegiatan KKN.
3. Seluruh kegiatan
yang telah dilaksanakan berjalan lancar meskipun dalam pelaksanaannya terdapat beberapa
kendala seperti cuaca serta sarana dan prasarana yang minim. Selain itu hasil
positif dari pelaksanaan KKN ini menambah ilmu Pengetahuan peserta.
B. Saran
a.
Pemerintah Desa dan
Masyarakat
Agar kiranya Pemerintah Desa dapat lebih memperhatikan
serta memberikan solusi terhadap permasalahan yang ada di Desa Kaleke terutama
fasilitas pendidikan yang ada. Seperti MTs Alkhairaat Kaleke misalnya,
pemerintah desa dapat mencarikan solusi bagaimana sekolah tersebut dapat
dibenahi dan lebih mensejahterakan para guru. Supaya pengajaran di sekolah
tersebut lebih ditingkatkan lagi sehingga membuat anak-anak sekitar berminat
untuk masuk ke sekolah tersebut.
b.
PP-KKN selaku
Panitia Pelaksana KKN
PP-KKN selaku
panitia pelaksanaan sangat diharapkan lebih sering melakukan monitoring ke
lokasi KKN guna mengevaluasi kendala serta kesalahan-kesalahan yang ditemukan
agar pelaksanaan kegiatan KKN dapat terlaksana sebagaimana mestinya, selain itu bimbingan sangat diharapkan dari
Dosen Pembimbing lapangan guna kelancaran pelaksanaan kegiatan program.
c.
IAIN sebagai Lembaga
Agar kiranya jangka waktu pelaksanaan KKN ini
tetap dilaksanakan selama dua bulan. Hal ini supaya keberhasilan dalam
pelaksanaan KKN dapat diraih khususnya bagi para mahasiswa yang notabene
sebagai peserta KKN. Selain itu, IAIN kiranya dapat menjalin kerjasama dengan
instansi-instansi yang dapat menunjang program-program mahasiswa selama KKN
berlangsung.
LAMPIRAN-LAMPIRAN
PROGRAM
KERJA
MAHASISWA
KKN IAIN PALU
ANGKATAN
V TAHUN 2018
Desa/Kelurahan
: Kaleke Kecamatan : Dolo Barat Kabupaten : Sigi
No.
|
Bid.
Kegiatan
|
Program
Kerja
|
Target
|
Tempat
|
Pelaksana
|
Ket
|
|
1.
|
Bidang
Kegiatan Wajib (BKW)
|
1.
|
Observasi
|
3 hari
|
Desa Kaleke
|
Mahasiswa
|
|
2.
|
Seminar Desa
|
1 hari
|
Kantor Desa
Kaleke
|
Mahasiswa
|
|
||
3.
|
Khutbah Jumat
|
3 X
|
-Masjid
Al-Mujahidin
-Masjid
Tazkirah
-Masjid
Al-Iqra
|
Mahasiswa
|
|
||
4.
|
Pengajian
|
1 hari
|
Masjid
Al-Mujahidin
|
Mahasiswa dan
Masyarakat
|
|
||
5.
|
Peringatan Isra’ Mi’raj 1439 H
|
1 hari
|
Masjid
Al-Mujahidin
|
Mahasiswa, RISMA, Karang Taruna, dam WIA Desa Kaleke
|
|
||
2.
|
Bidang
Kegiatan Pilihan (BKP)
|
1.
|
Pembuatan Papan Nama MTs Alkhairaat Kaleke
|
3 hari
|
MTs
Alkhairaat Kaleke
|
Mahasiswa
|
|
2.
|
Pembuatan Papan Nama Imam Masjid
|
3 buah
|
Posko
|
Mahasiswa
|
|
||
3.
|
Pembenahan
Tugu
|
2 hari
|
Desa Kaleke
|
Mahasiswa dan
Pemuda
|
|
2.
|
Bidang
Kegiatan Pilihan (BKP)
|
4.
|
Penghijauan
|
6 hari
|
Desa Kaleke
|
Mahasiswa dan
KPA Tavala
|
|
5.
|
Camping Ground KPA se-Dolo Barat
|
1 hari
|
Dusun II,
Desa Kaleke
|
Mahasiswa dan
KPA Tavala
|
|
||
6.
|
Bakti Sosial
|
8 kali
|
Desa Kaleke
|
Mahasiswa dan
Masyarakat
|
|
||
7.
|
Lomba keagamaan
|
3 hari
|
Masjid
Tazkirah, Dusun II, Desa Kaleke
|
Mahasiswa, RISMA dan Karang Taruna Desa Kaleke
|
|
||
8.
|
Lomba Olahraga
|
17 hari
|
Lapangan Bola
Dusun I dan Lapangan Voli Dusun II, Desa Kaleke
|
Mahasiswa, RISMA dan Karang Taruna Desa Kaleke
|
|
||
9.
|
Lomba Masak Non-Beras
|
1 hari
|
Kantor Desa
Kaleke
|
Mahasiswa KKN IAIN Palu dan Mahasiswa KKLP STIA PM Palu
|
|
||
10.
|
Lomba Simulasi PKK
|
1 hari
|
Kantor Desa
Kaleke
|
Mahasiswa
|
|
||
11.
|
Perpisahan
|
1 hari
|
Kantor Desa
Kaleke
|
Mahasiswa dan
Pemuda
|
|
2.
|
Bidang
Kegiatan Khusus (BKK)
|
1.
|
Mengajar di MTs Alkhairaat Kaleke
|
20 kali
|
MTs
Alkhairaat Kaleke
|
Mahasiswa
|
|
2.
|
Mengajar di TPA
|
20 kali
|
TPA se-Desa
Kaleke
|
Mahasiswa
|
|
||
3.
|
Pengajaran Tajwid
|
5 kali
|
TPA An-Nur
Dusun I,
Desa Kaleke
|
Mahasiswa
|
|
Kaleke, 19
April 2018
Penyusun:
1.
Dahyar, NIM.
14.3.12.0086, FSEI/ESy
2.
Imron Nur Huda,
NIM. 14.1.03.0001, FTIK/MPI
3.
Warfani, NIM.
14.4.10.0031, FUAD/KPI
4.
Sutriani, NIM.
14.1.04.0028, FTIK/PGMI
Dosen
Pembimbing
MAYYADAH,
Lc.,M.H.I
NIP.
19860320 201403 2 006
Kepala
Desa Kaleke
S
U A I B
KEGIATAN
BID. FISIK
LAPORAN
KEGIATAN
MAHASISWA
KKN IAIN PALU
ANGKATAN
V TAHUN 2018
Desa:
Kaleke Kec. :
Dolo Barat Kab. : Sigi
No.
|
Kegiatan
|
Bangunan Baru
|
Rehabilitas
|
Ket.
|
1.
|
Pembuatan
Papan Nama MTs
Alkhairaat
|
ü
|
|
100%
|
2.
|
Pembuatan Papan Nama Imam Masjid
|
ü
|
|
100%
|
3.
|
Pembenahan Tugu
|
|
ü
|
100%
|
Kaleke, 19 April 2018
Kepala Desa Kaleke
S U A I B
Dosen
Pembimbing
MAYYADAH, Lc.,M.H.I
NIP. 19860320 201403 2 006
|
Camat Dolo
Barat
RIADIN, S.Sos.,M.Si
NIP.
19680502 199003 1 015
|
KEGIATAN NON FISIK
LAPORAN
KEGIATAN
MAHASISWA
KKN IAIN PALU
ANGKATAN
V TAHUN 2018
Desa:
Kaleke Kec. :
Dolo Barat Kab. : Sigi
No.
|
Kegiatan
|
Tatap Muka
|
Jumlah Orang yang Terlibat
|
Jumlah Jam
|
Ket.
|
1.
|
Observasi
|
3 x
|
4
Orang
|
8 Jam
|
100%
|
2.
|
Seminar
Program Kerja
|
1 x
|
35
Orang
|
3
Jam
|
100%
|
3.
|
Mengajar Mengaji di TPA
|
20
x
|
50
Orang
|
20
jam
|
100%
|
4.
|
Mengajar di MTs Alkhairaat Kaleke
|
20 x
|
20
Orang
|
40 Jam
|
100%
|
5.
|
Pengajaran Tajwid
|
5 x
|
10
Orang
|
5
Jam
|
100%
|
6.
|
Lomba
Keagamaan
|
3 x
|
50
Orang
|
6
Jam
|
100%
|
7.
|
Lomba Olahraga
|
17 x
|
40
Orang
|
34 Jam
|
100%
|
8.
|
Penghijauan
|
1 x
|
20 Orang
|
3 Jam
|
80%
|
9.
|
Lomba Masak Non-Beras
|
1 x
|
30 Orang
|
3 Jam
|
100%
|
10.
|
Lomba Simulasi PKK
|
1 x
|
30 Orang
|
3 Jam
|
100%
|
11.
|
Bakti Sosial
|
8 x
|
30 Orang
|
4 Jam
|
50%
|
12.
|
Pengajian
|
1 x
|
100 Orang
|
3 Jam
|
100%
|
13.
|
Peringatan Isra’ Mi’raj 1439 H
|
1 x
|
300 Orang
|
3 Jam
|
100%
|
14.
|
Khutbah Jumat
|
3 x
|
150 Orang
|
2 Jam
|
100%
|
15.
|
Perpisahan Mahasiswa KKN IAIN Palu
|
1 x
|
200 Orang
|
8 Jam
|
100%
|
16.
|
Camping Ground KPA se-Dolo Barat
|
1 x
|
100 Orang
|
6 Jam
|
100%
|
JUMLAH
|
87
x
|
1.169
Orang
|
151 Jam
|
100%
|
Kaleke, 19 April 2018
Kepala Desa Kaleke
S U A I B
Dosen
Pembimbing
MAYYADAH, Lc.,M.H.I
NIP. 19860320 201403 2 006
|
Camat Dolo
Barat
RIADIN, S.Sos.,M.Si
NIP.
19680502 199003 1 015
|
No comments:
Post a Comment