Sumberku Makalah - LAPORAN AKHIR KEGIATAN KULIAH KERJA NYATA (KKN) MAHASISWA IAIN PALU ANGKATAN V TAHUN 2018 - Sumberku Makalah

logo

Sumberku Makalah merupakan blog milik Imron Nur Huda yang merupakan salah seorang alumni Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu tahun 2018 yang kini telah beralih status menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu. Dimana di dalamnya berisi tentang makalah-makalah yang notabenenya merupakan tugas kuliah dari sang pemilik blog beserta teman-temannya.

Post Top Ad

 


BANNER+WEB+2



demo-image
logobaru

Sumberku Makalah - LAPORAN AKHIR KEGIATAN KULIAH KERJA NYATA (KKN) MAHASISWA IAIN PALU ANGKATAN V TAHUN 2018

Share This
Responsive Ads Here

LAPORAN AKHIR KEGIATAN
KULIAH KERJA NYATA (KKN) MAHASISWA
IAIN PALU ANGKATAN V
TAHUN 2018






DESA                       : KALEKE
KECAMATAN        : DOLO BARAT
KABUPATEN                   : SIGI


INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN)
PALU
2018






DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR
HALAMAN PENGESAHAN
PENGESAHAN LAPORAN NAMA-NAMA MAHASISWA KKN
KATA SAMBUTAN KEPALA DESA KALEKE
KATA SAMBUTAN MAHASISWA

BAB I PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang.......................................................................................... 1
B.     Maksud Dan Tujuan.................................................................................. 2

BAB II GAMBARAN UMUM KEBERADAAN DESA KALEKE
A.    Sejarah Desa Kaleke.................................................................................. 4
B.     Kondisi Geografis dan Demografis Desa................................................. 4
C.     Kondisi Fasilitas Publik............................................................................. 5
D.    Struktur Pemerintahan Desa...................................................................... 6
E.     Struktur Kelembagaan Desa...................................................................... 7

BAB III PELAKSANAAN PROGRAM KERJA MAHASISWA
A.    Deskripsi Pelaksanaan Kegiatan................................................................ 8
B.     Jenis/Nama Kegiatan................................................................................. 11
C.     Tujuan dan Sasaran Kegiatan............................................................... .... 12
D.    Manfaat Kegiatan...................................................................................... 13
E.     Target dan Realisasi Kegiatan................................................................... 15
F.      Kerjasama.................................................................................................. 17

BAB IV KESIMPULAN DAN SARAN
A.    Kesimpulan ............................................................................................... 19
B.     Saran ......................................................................................................... 19

Lampiran :
1.      Data program kerja mahasiswa KKN
2.      Tabel laporan kegiatan bidang fisik
3.      Tabel kegiatan laporan bidang non fisik
4.      Tabel laporan keuangan
5.      Time schedule program kerja
6.      Check list program kerja
7.      Surat keterangan aktif KKN
8.      Struktur Organisasi Mahasiswa KKN
9.      Foto-foto kegiatan




KATA PENGANTAR PENYUSUN

Puji syukur senantiasa kami panjatkan kehadirat Allah SWT. yang telah memberikan kepada kami begitu banyak nikmat, sehingga kami dapat merasakan indahnya hidup ini. Shalawat besrta salam tak lupa pula kami haturkan kepada Nabi Besar Muhammad SAW. yang telah mengeluarkan umat manusia ini dari alam jahil mennuju alam yang penuh dengan ilmu pengetahuan.
Laporan ini telah diselesaikan oleh kami mahasiswa “ Kuliah Kerja Nyata (KKN) IAIN Palu” tepat pada waktunya. Kami berharap hasil pemikiran yang dipadukan dengan keberadaan yang ada di lapangan nantinya bisa menjadi bahan pelajaran ataupun referensi dalam memahami praktek teoritis, khususnya dalam teknis penyatuan antara teori kultural dan praktek living low  “hukum yang hidup dalam masyarakat” baik dalam aturan Islam maupun aturan Nasional Negara dalam asas Pancasila.
Penyusunan laporan ini tidak luput dari kekurangan dan kesalahan. Oleh karenanya, tim penyusun meminta maaf yang sebesar-besarnya kepada seluruh pembaca jika terdapat kesalahan dalam laporan karya ilmiah ini (laporan KKN).
Akhirnya, kami mengucapkan terima kasih kepada saudara/saudari mahasiswa  yang telah membantu penyelesaian karya ilmiah ini. Dan juga harapan kami kedepan keberadaan laporan KKN ini dapat dapat dijelaskan dengan sebaik-baiknya oleh PP-KKN IAIN Palu dari segi kesempurnaan laporan demi tata aturan yang menyangkut Keilmiahan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu dalam kultur kenegaraan  Indonesia.



Kaleke, 19 April 2018
Tim Penyusun

Mahasiswa KKN IAIN Palu Angkatan V Tahun 2018


SAMBUTAN MAHASISWA

Kami sangat berterima kasih kepada PP-KKN dan Dosen Pembimbing yang telah menempatkan kami dengan sebaik-baiknya pada Kuliah Kerja Nyata khususnya di Desa Kaleke. Kami sebagai mahasiswa juga mengharapkan satu kebaikan dalam masyarakat sebab ilmu pengetahuan yang kami miliki sesuai dengan porsi kami masing-masing. Dengan demikian sambutan ini penuh pengharapan kepada pihak IAIN Palu agar selalu  memantapkan pembekalan dengan menggunakan metode pendekatan lapangan agar arah dan tujuan peserta individu. Adat istiadat masyarakat sangat beragam di setiap  Desa, namun ini di antisipasi dengan menggunakan bahasa komunikasi yang mudah di pahami oleh masyarakat, khususnya masyarakat Desa Kaleke.
Kami juga berterima kasih pada aparatur dan seluruh masyarakat Desa Kaleke yang telah memberikan kesempatan kepada kami untuk berkreasi sekaligus mencurahkan pengetahuan yang kami miliki tidak terlepas dari pengetahuan yang kami terima dari perguruan tinggi IAIN Palu. Kami juga banyak belajar dari masyarakat setempat dari segi aturan pemerintahan, agama, pendidikan, dan ekonomi. Semuanya menjadi bahan pembelajaran kepada kami untuk memajukan  dan meningkatkan kesejahteraan kepada masyarakat baik itu berupa sumbangsih moral maupun fasilitas. Karena setiap generasi bangsa merupakan harapan umat di masa depan. Wassalam



Kaleke, 19 April 2018

Tim Penyusun
Mahasiswa KKN IAIN Palu Angkatan V Tahun 2018




HALAMAN PENGESAHAN


LAPORAN PELAKSANAAN KEGIATAN
KULIAH KERJA NYATA (KKN)
ANGKATAN V TAHUN 2018
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) PALU


LOKASI:
DESA KALEKE, KECAMATAN DOLO BARAT
KABUPATEN SIGI

Kepala Desa Kaleke



S U A I B
Koordinator Kecamatan



ABD. MUZAKIR
NIM. 14.3.12.0063
Koordinator Desa



D A H Y A R
NIM. 14.3.12.0086

Menyetujui,
Dosen Pembimbing



MAYYADAH, Lc.,M.H.I
NIP. 19860320 201403 2 006











PENGESAHAN LAPORAN NAMA-NAMA MAHASISWA KKN

Mahasiswa KKN IAIN Palu:

No
Nama
NIM
Jurusan/Program Studi
1

2

3

4

D a h y a r

Imron Nur Huda

Warfani

Sutriani

14.3.12.0086

14.1.03.0001

14.4.10.0031

14.1.04.0028

FSEI / ESy

FTIK/ MPI

FUAD / KPI

FTIK / PGMI


Yang bertugas di Desa Kaleke, mulai tanggal 19 Februari s/d 19 April 2018 telah melaksanakan kegiatannya seperti yang diuraikan dalam laporan ini.

Kaleke, 19 April 2018
Kepala Desa Kaleke



S U A I B


Dosen Pembimbing



MAYYADAH, Lc.,M.H.I
NIP. 19860320 201403 2 006
Camat Dolo Barat



RIADIN, S.Sos.,M.Si
NIP. 19680502 199003 1 015



SAMBUTAN KEPALA DESA
Kami selaku aparat Desa mengucapkan terima kasih atas kehadiran mahasiswa KKN IAIN Palu di Desa kami yaitu Desa Kaleke, Kecamatan Dolo Barat, Kabupaten Sigi. Setiap tindakan yang mereka lakukan tentunya melahirkan harapan yang baik untuk masa depan Desa dan Bangsa ini. Penyatuan teori yang mereka miliki dan praktek lapangan sangat diharapkan oleh kami aparat Desa Kaleke. Keragaman konsep teori yang mereka miliki tentunya tidak terlepas dari nuansa Agama sehingga tidak menjadi kendala bagi mereka di dalam dinamika sosial Agama yang sangat berpengaruh pada kultur budaya.
Dinamika budaya yang ada tentunya menempatkan nilai yang hakiki yang terkandung dalam konsep dinamika masyarakat, khususnya masyarakat Desa Kaleke. Kami juga berterima kasih kepada pihak IAIN Palu dalam partisipasi dan kerjasamanya dalam menempatkan mahasiswa KKN-nya di Desa kami. Metode pengetahuan tentunya mendapatkan satu nilai yang sangat berharga dalam berparisipasi dengan masyarakat. Keseimbangan konsep teori tidak terlepas dari lahirnya gagasan-gagasan baru yang merupakan poros dari peningkatan kinerja sosial kemasyarakatan, disinilah yang menjadi pengharapan kami dengan adanya mahasiswa KKN IAIN Palu Angkatan V.
Dari kami sebagai aparat Desa sangat apresiasi pada keberadaan mahasiswa yang berada di Desa kami.

Kaleke, 19 April 2018
Kepala Desa Kaleke



S U A I B



BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu sebagai salah satu lembaga pendidikan tinggi yang mengembangkan dan menyelenggarakan pendidikan tinggi dan penelitian serta pengabdian kepada masyarakat di bidang ilmu pengetahuan agama Islam dan teknologi serta sosial budaya yang bernafaskan Islam, merasa mempunyai tanggung awab besar untuk ikut serta mewujudkan dan menyukseskan pembangunan nasional. Terutama pembangunan bidang agama dan mental spiritual, kesejahteraan sosial, pendidikan, dengan tidak mengabaikan bidang yang lain.
Dalam pembentukan mahasiswa menjadi sosok yang dicita-citakan tersebut, IAIN Palu melakukan pengelolaan dan usaha secara seksama mempersiapkan perangkat sistem pendidikan dan pengajaran yang memadai. Program pengembangan akademik, tenaga pengajar, sarana dan prasarana pendukung lingkungan kampus yang kondusif, dan berbagai kegiatan yang mendukung wujud hal tersebut. Salah satu bentuk pengelolaan dan usaha itu adalah melakukan reorientasi terhadap pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) untuk 3 (tiga) fakultas yaitu: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam (FSEI), dan Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah (FUAD).
KKN merupakan kegiatan akademik IAIN Palu yang disusun atas dasar visi dan misi yang termuat dalam tujuan IAIN Palu sekaligus sebagai praktik penerapan ilmu pengetahuan yang bersifat interdisipliner yang dilaksanakan oleh mahasiswa yang merupakan perpaduan antara penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam jangka waktu yang ditetapkan langsung bagi masyarakat.
Masyarakat adalah kesatuan yang bersifat dinamis dan juga merupakan poros perkembangan zaman yang melingkupi budaya dan aspek-aspek moral lainnya. Keutuhan kesatuan terlihat dari segi kebersamaan dan partisipasi masyarakat itu sendiri. Dari sinilah tercipta rasa dan karya masyarakat untuk membentuk dinamika baru dalam kesatuan yang utuh yaitu terciptanya golongan sosial, baik itu dari segi karakter, bahasa, budaya, adat kebiasaan. Cakupan penyatuan sosial ini mengalami pembentukan nilai dari isyarat zaman yang sifatnya fluktuasi, disinilah konsep kemasyarakatan itu terbentuk dengan sendirinya, maka sejalan dengan ruang lingkup Budaya dan Adat kebiasaan di dalam komunitas terkecil, tercipta kesatuan yang harmonis di dalamnya dipimpin oleh seorang pemimpin atau petuah yang dapat di jadikan sandaran kebijakan bagi masyakat tersebut. Dari sinilah terbit suatu istilah kampung, lipu, desa, atau tempat/tanah kelahiran.
Sinkronisasi aspek sosial tidak terlepas dari kebiasaan-kebiasaan masyarakat yang dinamis dan penuh dengan kultur budaya. Tata aturan dalam kajian sosiologis masyarakat mendapatkan satu nilai yang tidak terlepas dari prinsip Hukum Adat yang dianut oleh masyarakat tersebut. Perkembangan zaman merupakan aspek penilai terhadap perubahan sosial sehingga terlihat dengan jelas prinsip budaya dan tingkat pendapatan ekonomi. Dalam berbagai teori pengetahuan masyarakat menurut tingkat pendapatannya di bedakan menjadi tiga yaitu;  desa  primitif, desa swadaya dan desa swasembada. Dari tingkatan yang ada ini memungkinkan terbentuknya masyarakat madani. Ekonomi merupakan hal yang prinsip dalam kehidupan masyarakat oleh karena itu, di lihat dari keberadaan Desa masing-masing diseluruh wilayah Indonesia, masih banyak yang perlu di perhatikan dalam kehidupan Pedesaan. mulai dari moral generasi, Agama, Adat istiadat, Fasilitas dan Iptek.
Maka dari itu kami sebagai Mahasiswa merasa tidak cukup untuk berbuat dari segi tuangan gagasan pemikiran tetapi perlu juga dengan tunjangan fasilitas. Gambaran dari berbagai dinamika ini akan selalu ada pada setiap perkembangan zaman menurut tingkat pengetahuan dan keberadaan ekonomi masyarakat setempat.

B.     Maksud dan Tujuan
a.      Maksud
Konsep-konsep yang ada dalam masyarakat tidak terlepas dari apa yang dilihat, didengar, dan dimengerti oleh setiap individu mahasiswa baik itu berupa persoalan Pendidikan, Ekonomi, Budaya, dan Hukum, jika berbicara profesi dari setiap individu maka ini tidak mengikat aturan yang mutlak untuk dijadikan sebagai pijakan bahwa profesi yang digeluti akan diketahui oleh mahasiswa, sebab banyak karakter tidak mencerminkan pengharapan dari profesi itu sendiri terkecuali ada kesadaran yang mendalam dalam jiwa individu tersebut bahwa dia harus berbuat tidak terlepas dari profesi masing-masing. Wujud dari profesi ini adalah terciptanya tanggung  jawab kelompok, moral dan sosial ditegah kehidupan masyarakat. Inilah realisasi dari sekelumit ilmu pengetahun.
b.      Tujuan
Secara Akademisi tujuannya harus berdasarkan interpretasi ilmu pengetahuan, akan tetapi tidak semuanya berlaku dalam praktek lapangan. Tujuan untuk membentuk perbendaharaan baru dalam tingkat pencapaian peningkatan sumberdaya manusia ialah harus mampu mengolah data dalam lapangan untuk di jadikan bahan pertimbangan dalam metode yang berbeda yang disesuaikan dengan asas hidup masyarakat setempat. Diagnosa pada setiap aspek kehidupan merupakan ketentuan yang sangat di harapkan oleh para pembaharu dalam masyarakat, karena di dalamnya terdapat fakta yang bersifat aktual serta tujuannya membangun kesejahteraan masyarakat.













BAB II
GAMBARAN UMUM KEBERADAAN DESA KALEKE

A.    Sejarah Desa
Desa Kaleke merupakan salah satu desa tertua di Kecamatan Dolo Barat. Nama ‘Kaleke’ diambil dari salah satu jenis rumput yang banyak tumbuh di wilayah desa ini yang disebut dengan rumput Malekei. Desa Kaleke saat itu masih hidup berkelompok dengan berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat yang lain.
Desa Kaleke sebelumnya bernama Sigampa yang berada di sebelah Timur Sungai Palu. Dikarenakan saat itu sering terjadi pertempuran antar desa yakni Desa Bora dan Desa Pakuli, maka masyarakat Desa Sigampa berpindah ke Desa Kaleke. Pada waktu masyarakat Kaleke pindah di wilayah Kaleke, terjadi pula pertempuran dengan rumpun Topo Inde. Pertempuran ini dimaksudkan untuk membantu masyarakat Pewunu yang dikejar oleh Topo Inde.
Pertempuran tersebut dimenangkan oleh masyarakat Kaleke. Sebagai rasa terima kasih dari masyarakat Pewunu, maka dihadiahkan wilayah yang cukup luas sebagai tempat tinggal dan bercocok tanam yang kemudian dikenal dengan nama Desa Kaleke hingga saat ini.
Pada dasarnya tidak ada keterangan yang pasti kapan berdirinya Desa Kaleke. Pada waktu kerajaan Sigi Dolo berdiri, Desa Kaleke berkembang menjadi salah satu desa “Kota Pitunggota” yang meliputi Desa Kotarindau, Kotapulu, Pesaku, Pulu, Baluase, dan Desa Bangga. Dahulu Desa Kaleke wilayahnya sangat luas meliputi Rarampadende, Maku, dan sebagian wilayah Desa Tulo. Karena perkembangannya, Desa Rarampadende, Maku, dan Desa Tulo berdiri sendiri menjadi desa definitif sendiri.

B.     Kondisi Geografis dan Demografis Desa
Secara geografis, Desa Kaleke merupakan salah satu dari 12 wilayah yang ada di wilayah Kecamatan Dolo Barat yang mempunyai luas 1.444.000 M2. Sebelah Utara Desa Kaleke berbatasan dengan Desa Pewunu, sebelah Selatan berbatasan dengan Desa Rarampadende, sebelah Timur dengan Desa Maku, sebelah Barat dengan Desa Balumpewa dan Kaluku Tinggu. Desa Kaleke mempunyai iklim yaitu musim kemarau dan musim penghujan, dengan kelembapan udara yang cocok untuk daerah pertanian. Desa Kaleke mempunyai 3 (tiga) dusun, yaitu Dusun 1 Kaleke berada di Kasolana, Dusun 2 Kaleke berada di Wera, dan Dusun 3 Kaleke berada di Matayona.
Adapun data demografis Desa Kaleke adalah sebagai berikut:
1.      Jumlah penduduk 2.415 jiwa yang terdiri atas laki-laki sebanyak 1.256 jiwa dan perempuan sebanyak 1.159 jiwa.
2.      Jumlah Kepala Keluarga (KK) sebanyak 694 jiwa.
3.      Jumlah penduduk miskin sebanyak 153 jiwa.

C.    Kondisi Fasilitas Publik
Adapun fasilitas publik yang ada di Desa Kaleke sebagai berikut:
a.       Kantor Desa                            : 1 Unit
b.      Prasarana Kesehatan
1.      Puskesmas                         : 1 Unit
2.      UKBM/Posyandu             : 2 Unit
c.       Sarana Pendidikan
1.      TK                                     : 3 Unit
2.      Sekolah Dasar                   : 3 Unit
3.      SMP/MTs                          : 1 Unit
4.      Kantor UPTD                   : 1 Unit
d.      Prasarana Ibadah
1.      Masjid                               : 3 Unit
2.      Musala                               : 2 Unit
3.      Taman Pengajian               : 1 Unit
e.       Prasarana Umum
1.      Balai Pertemuan                : 1 Unit
2.      Pos IB                               : 1 Unit
3.      Yayasan/Panti Asuhan      : 1 Unit
4.      Lapangan                          : 1 Unit
D.    Struktur Kelembagaan Desa
Lembaga Kemasyarakatan Desa adalah lembaga yang dibentuk oleh masyarakat sesuai dengan kebutuhan dan merupakan mitra pemerintah desa dalam memberdayakan masyarakat. Lembaga kemasyarakatan dibentuk dan ditetapkan berdasarkan peraturan desa. Selain fungsi pemberdayaan, lembaga kemasyarakatan juga berfungsi sebagai penampung dan penyalur aspirasi masyarakat dalam pembangunan desa.
Adapun beberapa lembaga yang menjadi mitra pemerintah desa dalam memberdayakan masyarakat yaitu Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa (LPMD), Tim Penggerak PKK, RT/RW, WIA, Karang Taruna, dan RISMA. Dengan adanya lembaga kemasyarakatan ini dan apabila terus berjalan aktif maka hal tersebut merupakan potensi yang sangat besar bagi Desa Kaleke.

E.     Struktur Pemerintahan Desa
Penyelenggaraan pemerintahan di setiap wilayah administrasi pemerintahan merupakan hal mutlak yang terdapat dalam sistem pemerintahan di Republik Indonesia melalui Peraturan Perundang-undangan. Penyelenggaraan pemerintahan desa dimaksudkan untuk membentuk suatu pemerintah desa yang melindungi, membina, dan memberdayakan seluruh masyarakat desa untuk mencapai kesejahteraan yang merata. Penyelenggaraan pemerintahan desa merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari sistem pemnyelenggaraan pemerintahan pusat dan daerah. Sehingga pelaksanaan fungsi pemerintah desa di seluruh wilayah Indonesia secara global adalah sama baik dalam kewajiban maupun hak desa.
Desa Kaleke selama ini telah menyelenggarakan pemerintahan sesuai amanat perundang-undangan yang berlaku sampai dengan perubahan kebijakan pemerintah pusat.
Pemerintah Desa Kaleke dipimpin oleh seorang Kepala Desa bersama perangkat desa dan perwakilan masyarakat dalam Badan Permusyawaratan Desa (BPD) sebagai fungsi pengawasan. Struktur organisasi pemerintah Desa Kaleke untuk tahun 2016 adalah sebagai berikut:

C:\Users\IIM\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image001 








Gambar 2.1
Struktur Organisasi Pemerintahan Desa Kaleke

















BAB III
PELAKSANAAN PROGRAM KERJA MAHASISWA

A.    Deskripsi Pelaksanaan Kegiatan
Dari semua program yang telah kami kerjakan atau laksanakan, kami telah menguraikan dasar pemikiran dari masing-masing penanggung jawab program antara lain:
a.      Observasi
Observasi dilakukan sebagai kegiatan awal mahasiswa KKN IAIN Palu setelah berada di lokasi KKN. Hal ini untuk menampung aspirasi masyarakat terkait program kerja yang akan dilaksanakan selama dua bulan kedepan. Observasi kami lakukan selama 3 (tiga) hari sejak tanggal 19 – 21 Februari 2018.
b.      Seminar Desa
Seminar desa merupakan seminar program kerja yang dilakukan di desa dengan tujuan untuk mengesahkan rencana program kerja yang siap dilaksanakan. Seminar desa dilaksanakan pada 22 Februari 2018 dan dihadiri oleh para aparat desa, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, dan tokoh agama.
c.       Pembuatan Papan Nama Madrasah Tsanawiyah (MTs) Alkhairaat
Target waktu yang diperlukan untuk program ini yakni selama 3 (tiga) hari terhitung mulai tanggal 26 – 28 Februari 2018.
·         Hari pertama pengumpulan bahan sekaligus pengecetan warna dasar.
·         Hari kedua membuat cetakan tulisan sekaligus mengecet tulisan pada papan nama dan sudah dikatakan berjalan 90% perkembangannya.
·         Hari ketiga melakukan pemasangan di madrasah dan selesai hingga 100%.
d.      Penghijauan
Pelaksanaan penghijauan ini membutuhkan waktu selama 6 (enam) hari terhitung sejak tanggal 6 – 11 Maret 2018. Adapun bibit yang dibutuhkan pada penghijauan ini yakni bibit produktif dan kayu-kayuan.
·         Hari pertama pengajuan surat ke Badan Pengelolaan Daerah Aliran Sungai Hutan Lindung (BPDASHL) Palu-Poso.
·         Hari kedua pengajuan surat ke Dinas Kehutanan Provinsi Sulawesi Tengah.
·         Hari ketiga pengecekan surat.
·         Hari keempat pengambilan bibit sebanyak 380 bibit yang terdiri dari 250 Durian, 60 Nangka, 50 Trambesi, 10 Alpukat dan 10 Mahoni.
·         Hari kelima persiapan lubang sebagai media tanam.
·         Hari keenam kegiatan penanaman bersama Komunitas Pecinta Alam se-Dolo Barat.
e.       Pembuatan Papan Nama Imam Masjid
Program ini dilaksanakan dengan membutuhkan waktu selama 3 (tiga) hari sejak tanggal 3 – 5 Maret 2018.
·         Hari pertama pencarian tempat meubel untuk membuat bahan papan nama.
·         Hari kedua pengecetan dasar sekaligus tulisan.
·         Hari ketiga pemasangan papan nama di masing-masing rumah Imam Masjid se-Desa Kaleke.
f.       Camping Ground KPA se-Dolo Barat
Camping Ground merupakan kegiatan kemping semalam bersama Komunitas Pecinta Alam (KPA) se-Kecamatan Dolo Barat yang bekerja sama dengan KPA Tavala Desa Kaleke. Kegiatan ini bertujuan untuk ajang silaturahmi antar KPA sekaligus membicarakan tentang teknis penghijauan yang akan dilakukan esok harinya. Camping Ground dilaksanakan sehari sebelum penghijauan yakni 10 Maret 2018.
g.      Mengajar di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Alkhairaat Kaleke
Proses mengajar merupakan suatu proses pengajaran yang dilaksanakan seorang guru kepada anak didiknya demi meningkatkan sumber daya manusia (SDM). Pelaksanaan program mengajar di MTs dilaksanakan selama 20 X pertemuan.

h.      Mengajar di TPA
Taman Pendidikan Alquran (TPA) sebagai salah satu pusat dalam pengajaran tentang Baca Tulis Alquran bagi anak-anak di Desa Kaleke. Mengajar di TPA ini dilaksanakan hampir setiap hari selama 20 X pertemuan yang terbagi di 3 (tiga) dusun yang ada.
i.        Pengajaran Tajwid
Tajwid merupakan cara membaca Al-Qur’an dengan lafal atau ucapan yang benar. Pengajarannya dilakukan pada TPA yang ada di desa Kaleke. Pengajaran ini dilakukan selama 5 X pertemuan.
j.        Khutbah Jum’at
Khutbah Jum’at dilakukan sebanyak 3 X terhitung pada tanggal 9, 16, dan 30 Maret 2018. Khutbah tidak difokuskan pada satu masjid, namun semua masjid yang ada di Desa Kaleke.
k.      Bakti Sosial
Program ini dilaksanakan dalam rangka mensinergikan program Pemerintah Desa Kaleke dengan Mahasiswa KKN IAIN Palu. Bakti sosial yang dilakukan yakni gotong royong untuk kerja bakti di lingkungan desa. Program ini dilaksanakan pada hari Minggu setiap pekannya.
l.        Pengajian
Pengajian merupakan sarana untuk mengajarkan Islam kepada masyarakat. Kegiatan ini dilakukan pada tanggal 12 April 2018 di Masjid Al-Mujahidin, Dusun I, Desa Kaleke.
m.    Lomba Keagamaan
Program lomba ini dilaksanakan pada tanggal 19 – 21 Maret 2018 dalam rangka menyambut peringatan Isra’ Mi’raj 1439 H. Lomba yang dilaksanakan antara lain yakni Sholat Berjamaah, Azan dan Iqamat, Tartil, Peragaan Busana, Barzanji, dan Kebaya Kartini. Program ini terealisasi dengan baik atas kerjasama dengan panitia yang terbentuk dari para pemuda Desa Kaleke.
n.       Lomba Olahraga
Program lomba ini dilaksanakan pada tanggal 19 Maret – 4 April 2018. Lomba yang dilaksanakan antara lain yakni Sepak Bola Mini dan Bola Voli Putri. Program ini terealisasi dengan baik atas kerjasama dengan panitia yang terbentuk dari para pemuda Desa Kaleke.
o.      Lomba Masak Non-Beras dan Simulasi PKK
Program ini dilaksanakan pada tanggal 7 April 2018 atas kerjasama Mahasiswa KKN IAIN Palu angkatan V dengan Mahasiswa KKLP STIA Panca Marga Palu angkatan XXVII dan Tim Penggerak PKK Desa Kaleke.
p.      Peringatan Isra’ Mi’raj 1439 H
Program ini dilaksanakan pada tanggal 14 April 2018. Terealisasi dengan baik atas kerjasama Mahasiswa KKN IAIN Palu dengan RISMA dan Wanita Islam Alkhairaat (WIA) Desa Kaleke.
q.      Perpisahan Mahasiswa KKN
Program ini dilaksanakan pada tanggal 15 April 2018 sebagai acara santai menikmati momen terakhir bersama masyarakat Desa Kaleke. Acara berlangsung tertib dan aman hingga selesai pada menjelang Subuh.
r.       Pembenahan Tugu
Program pembenahan tugu ini sebagai program terakhir di masa-masa akhir KKN. Dikarenakan dilaksanakan beberapa hari sebelum penarikan yakni sejak tanggal 17 – 18 April 2018.
·      Hari pertama pembuatan cetakan tulisan dan mengecat dasar.
·      Hari kedua pengecetan tulisan pada tugu.

B.     Jenis/Nama Kegiatan
Adapun jenis kegiatan yang dilaksanakan di Desa Kaleke adalah sebagai berikut:
a.      Sarana dan Prasarana
1.      Pembuatan papan nama MTs Alkhairaat Desa Kaleke
2.      Pembuatan papan nama Imam Masjid
3.      Pembenahan Tugu
b.      Pendidikan
1.      Mengajar di MTs Alkhairaat Desa Kaleke
2.      Mengajar di TPA se-Desa Kaleke
3.      Khutbah Jumat
4.      Pengajaran Tajwid
5.      Pengajian
6.      Peringatan Isra’ Mi’raj 1439 H
c.       Lomba-lomba
1.      Lomba sepak bola mini
2.      Lomba voli putri
3.      Lomba masak non-beras
4.      Lomba simulasi PKK
5.      Lomba barzanji
6.      Lomba sholat berjamaah
7.      Lomba adzan dan iqamat
8.      Lomba tartil
9.      Lomba peragaan busana
10.  Lomba kebaya kartini

C.    Tujuan dan Sasaran Kegiatan
a.      Tujuan
1.      Menggali potensi aktif dan proaktif masyarakat serta memberdayakan masyarakat dalam pembangunan sosial terukur mental spiritual
2.      Membantu pemerintah pusat dan daerah dalam pembangunan nasional khususnya di daerah-daerah, yaitu pembinaan bidang keagamaan, pengembangan teknologi dan komunikasi.
3.      Menumbuhkan solidiritas dan semangat persatuan masyarakat.
4.      Menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas.
5.      Dapat mengerti akan perkembangan pengetahuan dan teknologi saat ini.
6.      Mengembangkan kemampuan akademis mahasiswa pada dunia realitas yang ada di masyarakat, sehingga mahsiswa betul-betul mampu untuk bermasyarakat, memahami pola gerak kehidupan masyarakat dan permasalahannya.
7.      Mendapatkan pengalaman dan pendidikan dalam pemberdayaan masyarakat.
b.      Sasaran Kegiatan
Kegiatan yang akan dilakukan menitik beratkan pada pemberdayaan potensi masyarakat, sehingga sasarannya adalah masyarakat setempat khususnya  anak-anak usia sekolah dan seluruh masyarakat Desa Kaleke.

D.    Manfaat Kegiatan
No
Jenis Kegiatan
Manfaat Program
Manfaat Pihak Terkait
1.
Observasi
Mengetahui aspirasi masyarakat desa atas kehadiran mahasiswa KKN.
Aspirasi masyarakat tertampung.
2.
Seminar Desa
Memaparkan rencana program kerja yang akan dilaksanakan mahasiswa KKN kepada masyarakat.
Disahkannya program kerja mahasiswa KKN selama dua bulan.
3.
Pembuatan Papan Nama MTs Alkhairaat Desa Kaleke
Memudahkan untuk mencari Madrasah khusunya untuk tamu dari luar desa datang.
Diketahuinya identitas madrasah.
4.
Penghijauan
Mewujudkan program pemerintah kabupaten yakni Sigi Hijau.
Lingkungan desa menjadi hijau.
5.
Pembuatan Papan Nama Imam Masjid
Memudahkan untuk mencari rumah Imam khusunya untuk tamu dari luar desa datang.
Diketahuinya rumah Imam Masjid setempat.
6.
Camping Ground KPA se-Dolo Barat
Ajang silaturahmi antar Komunitas Pecinta Alam se-Kecamatan Dolo Barat.
Bertemunya KPA se-Dolo Barat.
7.
Mengajar di MTs Alkhairaat Kaleke
Membantu para tenaga pengajar di MTs Alkhairaat Kaleke.
Memudahkan peserta didik sekolah tersebut untuk belajar.
8.
Mengajar di TPA
Membantu para tenaga pengajar di TPA se-Desa Kaleke.
Memudahkan para santri untuk belajar.

9.
Pengajaran Tajwid
Memahami cara baca Al-Qur’an yang baik dan benar sesuai hukum tajwid.
Peserta didik mampu membaca Al-Qur’an secara baik dan benar sesuai hukum tajwid.
10.
Khutbah Jumat
Mengembangkan dakwah Islamiyah yang professional.
Tersampaikannya dakwah Islamiyah kepada para Jamaah.
11.
Bakti sosial
Mewujudkan sikap gotong royong antar masyarakat desa.
Terwujudnya kebersihan di lingkungan desa.
12.
Pengajian
Sarana mengajarkan Islam kepada masyarakat.
Meningkatnya pemahaman masyarakat tentang Islam.
13.
Lomba-lomba
Sebagai ajang silaturahmi antar masyarakat desa.
Terwujudnya sikap sportivitas dan kekeluargaan antar masyarakat desa.
14.
Peringatan Isra’ Mi’raj 1439 H
Memperingati peristiwa diterimanya perintah Sholat kepada umat Nabi Muhammad Saw.
Menambah wawasan berkaitan dengan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad Saw.
15.
Perpisahan mahasiswa KKN
Menikmati momen di masa-masa terakhir KKN sekaligus pembagian hadiah lomba.
Keakraban semakin terjalin dengan harapan jalinan silaturahmi tidak putus.
16.
Pembenahan Tugu
Memperbagus tampilan tugu  dengan mengecetnya kembali.
Tugu terlihat cantik dengan warna cet yang baru.
Tabel 3.1
Jenis dan Manfaat Kegiatan

E.     Target dan Realisasi Kegiatan
1.
Observasi
Target
Menampung aspirasi masyarakat terhadap program mahasiswa KKN.
Realisasi
Aspirasi masyarakat tertampung.
2.
Seminar Desa
Target
Memaparkan rencana program kerja Mahasiswa KKN di hadapan masyarakat desa.
Realisasi
Program terpaparkan serta disahkan.
3.

Pembuatan Papan Nama MTs Alkhairaat Kaleke
Target
Diketahuinya identitas madrasah.
Realisasi
Papan nama terpasang di halaman madrasah.
4
Penghijauan
Target
Mewujudkan program pemerintah kabupaten Sigi yakni Sigi Hijau.
Realisasi
Tanaman telah tertanam di bantaran sungai dusun II dan masing-masing kebun warga.
5.
Pembuatan Papan Nama Imam Masjid
Target
Memudahkan untuk mencari rumah imam masjid.
Realisasi
Papan nama telah terpasang di depan rumah para imam masjid.
6.
Camping Ground KPA se-Dolo Barat
Target
Ajang silaturahmi antar Komunitas Pecinta Alam.
Realisasi
Kemping terlaksana di tanah lapang milik Camat Dolo Barat.
7
Mengajar di MTs Alkhairaat Kaleke
Target
Membantu tenaga pengajar
Realisasi
Membantu kegiatan belajar mengajar di MTs Alkhairaat Desa Kaleke terealisasi sebanyak 20 kali pertemuan.
8
Mengajar di TPA
Target
Membantu ustaz dan ustazah mengajar mengaji para santri.
Realisasi
Membantu kegiatan belajar mengajar di TPA se-Desa Kaleke terealisasi sebanyak 20 kali pertemuan.
9.
Pengajaran Tajwid
Target
Para santri memahami hukum tajwid.
Realisasi
Para santri telah paham baca Al-Qur’an sesuai hukum tajwid khususnya hukun Nun Sukun dan Tanwin. Pengajaran ini terealisasi sebanyak 5 kali pertemuan.
10.
Khutbah Jumat
Target
Dalam dua bulan dilaksanakan sebanyak 4 X.
Realisasi
Hanya terlaksana sebanyak 3 X.
11.
Bakti Sosial
Target
Mewujudkan sikap gotong royong antar masyarakat desa.
Realisasi
Kegotongroyongan terjalin dan kebersihan lingkungan desa terwujud.

12.
Pengajian
Target
Mendatangkan Prof. Zainal Abidin.
Realisasi
Prof. Zainal Abidin berhalangan untuk hadir.
13.
Lomba-lomba
Target
Dapat memberikan piala kepada seluruh pemenang.
Realisasi
Hanya satu cabang lomba yang dapat diberikan piala.
14.
Peringatan Isra Mi’raj 1439 H
Target
Menyatukannya dengan perpisahan mahasiswa KKN IAIN Palu.
Realisasi
Tidak dapat menyatukan dua agenda dalam peringatan Isra Mi’raj dikarenakan padatnya agenda.
15.
Perpisahan mahasiswa KKN IAIN Palu
Target
Tidak menggunakan elekton saat acara.
Realisasi
Masyarakat meminta agar diadakan elekton sebagai hiburan.
16.
Pembenahan Tugu
Target
Dibuatkan huruf timbul.
Realisasi
Dikarenakan kemampuan dari sisi dana tidak memadai, huruf timbul dibatalkan. Cukup di cet biasa.
Tabel 3.2
Target dan Realisasi Kegiatan

F.     Kerjasama
Dalam pelaksanaan program ini, adapun pihak yang membantu sebagai mitra kerjasama untuk memudahkan kegiatan program kami antara lain yaitu :
1.      Kepala Desa, dimana sangat membantu dalam kelancaran program baik dari segi material maupun teknis.
2.      Sekretaris Desa dan Seluruh kaur Pemerintah Desa Kaleke dimana juga telah memberi sumbangsih yang luar bisa kepada kami, dan banyak memberikan informasi tentang desa Kaleke.
3.      Pihak TPA dan Madrasah, dimana telah memberikan kesempatan untuk mengajar guna kelancaran pelaksanaan program.
4.      Pihak Masyarakat yang turut berpartisipasi dalam menyukseskan program-program yang telah direncanakan
5.      Karang Taruna dan RISMA Desa Kaleke yang turut berpartisipasi dalam pelaksanaan lomba dan peringatan Isra’ Mi’raj.
6.      Anak-anak Desa Kaleke, dimana telah berpartisipasi di program non fisik.
7.      Mahasiswa KKLP STIA Panca Marga Palu Angkatan XXVII yang telah bersedia bekerja sama dalam pelaksanaan program.
8.      Pihak-pihak lain yang tak dapat kami sebutkan yang juga telah membantu demi suksesnya pelaksanaan program Mahasiswa KKN IAIN Palu Angkatan V.





















BAB IV
KESIMPULAN DAN SARAN

A.      Kesimpulan
Dari semua program yang telah dilaksanakan oleh mahasiswa KKN IAIN Palu, maka dapat di simpulkan antara lain:
1.      Mata pencaharian masyarakat Desa Kaleke yang rata-rata Petani dan Penambang Pasir merupakan salah satu potensi besar.
2.      Dalam pelaksanaan program yang telah dijalankan, Pemerintah Desa telah memberikan dukungan dalam bentuk motivasi sehingga kegiatan berjalan dengan lancar. Selain itu masyarakat merupakan kunci sukses terlaksananya program yang kami telah rencanakan karena membantu dan berpartisipasi langsung dalam pelaksanaan kegiatan KKN.
3.      Seluruh kegiatan yang telah dilaksanakan berjalan lancar meskipun  dalam pelaksanaannya terdapat beberapa kendala seperti cuaca serta sarana dan prasarana yang minim. Selain itu hasil positif dari pelaksanaan KKN ini menambah ilmu Pengetahuan peserta.

B.     Saran
a.      Pemerintah Desa dan Masyarakat
Agar kiranya Pemerintah Desa dapat lebih memperhatikan serta memberikan solusi terhadap permasalahan yang ada di Desa Kaleke terutama fasilitas pendidikan yang ada. Seperti MTs Alkhairaat Kaleke misalnya, pemerintah desa dapat mencarikan solusi bagaimana sekolah tersebut dapat dibenahi dan lebih mensejahterakan para guru. Supaya pengajaran di sekolah tersebut lebih ditingkatkan lagi sehingga membuat anak-anak sekitar berminat untuk masuk ke sekolah tersebut.
b.      PP-KKN selaku Panitia Pelaksana KKN
PP-KKN selaku panitia pelaksanaan sangat diharapkan lebih sering melakukan monitoring ke lokasi KKN guna mengevaluasi kendala serta kesalahan-kesalahan yang ditemukan agar pelaksanaan kegiatan KKN dapat terlaksana sebagaimana mestinya,  selain itu bimbingan sangat diharapkan dari Dosen Pembimbing lapangan guna kelancaran pelaksanaan kegiatan program.

c.       IAIN sebagai Lembaga
Agar kiranya jangka waktu pelaksanaan KKN ini tetap dilaksanakan selama dua bulan. Hal ini supaya keberhasilan dalam pelaksanaan KKN dapat diraih khususnya bagi para mahasiswa yang notabene sebagai peserta KKN. Selain itu, IAIN kiranya dapat menjalin kerjasama dengan instansi-instansi yang dapat menunjang program-program mahasiswa selama KKN berlangsung.























LAMPIRAN-LAMPIRAN


PROGRAM KERJA
MAHASISWA KKN IAIN PALU
ANGKATAN V TAHUN 2018

Desa/Kelurahan : Kaleke        Kecamatan : Dolo Barat         Kabupaten : Sigi
No.
Bid. Kegiatan
Program Kerja
Target
Tempat
Pelaksana
Ket
1.       
Bidang Kegiatan Wajib (BKW)
1.       
Observasi
3 hari
Desa Kaleke
Mahasiswa

2.       
Seminar Desa
1 hari
Kantor Desa Kaleke
Mahasiswa

3.       
Khutbah Jumat
3 X
-Masjid Al-Mujahidin
-Masjid Tazkirah
-Masjid Al-Iqra
Mahasiswa

4.       
Pengajian
1 hari
Masjid Al-Mujahidin
Mahasiswa dan Masyarakat

5.       
Peringatan Isra’ Mi’raj 1439 H
1 hari
Masjid Al-Mujahidin
Mahasiswa, RISMA, Karang Taruna, dam WIA Desa Kaleke

2.       
Bidang Kegiatan Pilihan (BKP)
1.       
Pembuatan Papan Nama MTs Alkhairaat Kaleke
3 hari
MTs Alkhairaat Kaleke
Mahasiswa

2.       
Pembuatan Papan Nama Imam Masjid
3 buah
Posko
Mahasiswa

3.       
Pembenahan Tugu
2 hari
Desa Kaleke
Mahasiswa dan Pemuda


2.
Bidang Kegiatan Pilihan (BKP)
4.       
Penghijauan
6 hari
Desa Kaleke
Mahasiswa dan KPA Tavala

5.       
Camping Ground KPA se-Dolo Barat
1 hari
Dusun II, Desa Kaleke
Mahasiswa dan KPA Tavala

6.       
Bakti Sosial
8 kali
Desa Kaleke
Mahasiswa dan Masyarakat

7.       
Lomba keagamaan
3 hari
Masjid Tazkirah, Dusun II, Desa Kaleke
Mahasiswa, RISMA dan Karang Taruna Desa Kaleke

8.       
Lomba Olahraga
17 hari
Lapangan Bola Dusun I dan Lapangan Voli Dusun II, Desa Kaleke
Mahasiswa, RISMA dan Karang Taruna Desa Kaleke

9.       
Lomba Masak Non-Beras
1 hari
Kantor Desa Kaleke
Mahasiswa KKN IAIN Palu dan Mahasiswa KKLP STIA PM Palu

10.   
Lomba Simulasi PKK
1 hari
Kantor Desa Kaleke
Mahasiswa

11.   
Perpisahan
1 hari
Kantor Desa Kaleke
Mahasiswa dan Pemuda


2.       
Bidang Kegiatan Khusus (BKK)
1.       
Mengajar di MTs Alkhairaat Kaleke
20 kali
MTs Alkhairaat Kaleke
Mahasiswa

2.       
Mengajar di TPA
20 kali
TPA se-Desa Kaleke
Mahasiswa

3.       
Pengajaran Tajwid
5 kali
TPA An-Nur
Dusun I,
Desa Kaleke
Mahasiswa


Kaleke, 19 April 2018

Penyusun:
1.      Dahyar, NIM. 14.3.12.0086, FSEI/ESy
2.      Imron Nur Huda, NIM. 14.1.03.0001, FTIK/MPI
3.      Warfani, NIM. 14.4.10.0031, FUAD/KPI
4.      Sutriani, NIM. 14.1.04.0028, FTIK/PGMI


Dosen Pembimbing



MAYYADAH, Lc.,M.H.I
NIP. 19860320 201403 2 006
Kepala Desa Kaleke



S U A I B


 



KEGIATAN BID. FISIK
LAPORAN KEGIATAN
MAHASISWA KKN IAIN PALU
ANGKATAN V TAHUN 2018

Desa: Kaleke                     Kec. : Dolo Barat                        Kab. : Sigi
No.
Kegiatan
Bangunan Baru
Rehabilitas
Ket.
1.
Pembuatan Papan Nama MTs Alkhairaat
ü   

100%
2.
Pembuatan Papan Nama Imam Masjid
ü   

100%
3.
Pembenahan Tugu

ü   
100%
                                                                                            
Kaleke, 19 April 2018
Kepala Desa Kaleke



S U A I B


Dosen Pembimbing



MAYYADAH, Lc.,M.H.I
NIP. 19860320 201403 2 006
Camat Dolo Barat



RIADIN, S.Sos.,M.Si
NIP. 19680502 199003 1 015





KEGIATAN NON FISIK
LAPORAN KEGIATAN
MAHASISWA KKN IAIN PALU
ANGKATAN V TAHUN 2018

Desa: Kaleke                     Kec. : Dolo Barat                        Kab. : Sigi
No.
Kegiatan
Tatap Muka
Jumlah Orang yang Terlibat
Jumlah Jam
Ket.
1.
Observasi
3 x
4 Orang
8 Jam
100%
2.
Seminar Program Kerja
1 x
35 Orang
3 Jam
100%
3.
Mengajar Mengaji di TPA
20 x
50 Orang
20 jam

100%

4.
Mengajar di MTs Alkhairaat Kaleke
20 x
20 Orang
40 Jam
100%
5.
Pengajaran Tajwid
5 x
10 Orang
5 Jam
100%
6.
Lomba Keagamaan
3 x
50 Orang
6 Jam
100%
7.
Lomba Olahraga
17 x
40 Orang
34 Jam
100%
8.
Penghijauan
1 x
20 Orang
3 Jam
80%
9.
Lomba Masak Non-Beras
1 x
30 Orang
3 Jam
100%
10.
Lomba Simulasi PKK
1 x
30 Orang
3 Jam
100%
11.
Bakti Sosial
8 x
30 Orang
4 Jam
50%
12.
Pengajian
1 x
100 Orang
3 Jam
100%
13.
Peringatan Isra’ Mi’raj 1439 H
1 x
300 Orang
3 Jam
100%
14.
Khutbah Jumat
3 x
150 Orang
2 Jam
100%
15.
Perpisahan Mahasiswa KKN IAIN Palu
1 x
200 Orang
8 Jam
100%
16.
Camping Ground KPA se-Dolo Barat
1 x
100 Orang
6 Jam
100%
JUMLAH
87 x
1.169 Orang
151 Jam
100%

Kaleke, 19 April 2018
Kepala Desa Kaleke



S U A I B


Dosen Pembimbing



MAYYADAH, Lc.,M.H.I
NIP. 19860320 201403 2 006
Camat Dolo Barat



RIADIN, S.Sos.,M.Si
NIP. 19680502 199003 1 015


Comment Using!!

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Pages